Pendapatan PBB Kab Bekasi Hanya Capai Rp 25,2 Miliar

Pendapatan PBB Kab Bekasi Hanya Capai Rp 25,2 Miliar

Selasa, 28/05/2013 – 16:02

 

CIKARANG, (PRLM).-Pendapatan Pemerintah Kabupaten Bekasi dari sektor pajak bumi dan bangunan (PBB) tahun 2012 hanya mencapai Rp 25,2 miliar. Angka tersebut jauh lebih kecil dari target yang telah ditetapkan sebesar Rp 60 miliar. Hal itu berbeda dengan pendapatan Kabupaten Bekasi dari sektor Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) yang mencapai Rp 333 miliar.

 

Diungkapkan Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Kabupaten Bekasi, Uju, target dan realisasi PBB pada 2012 lalu di Kabupaten Bekasi tidak tercapai. Dari target yang ditetapkan, hanya sekitar 42 persen. Dari 23 kecamatan, tidak ada satu pun kecamatan di Kabupaten Bekasi yang memenuhi target tersebut, bahkan beberapa kecamatan di antaranya masih jauh dari target yang ditetapkan.

 

“Ada beberapa faktor yang menyebabkan tidak tercapainya target pendapatan PBB. Seperti ada masalah pada SPPT (surat pemberitahuan pajak terhutang, red) yang duplikat, yakni satu objek terbit dua SPPT, jadi itu harus disesuaikan dan menjadi permasalahan,” ungkap Uju saat dikonfirmasi, Selasa (28/5/2013). Persoalan munculnya SPPT ganda ini, cukup banyak terjadi di Kabupaten Bekasi, Uju menambahkan.

Persoalan lain yang mengakibatkan tidak tercapainya realisasi PBB pada tahun 2012, kata dia, karena masyarakat yang keberatan dengan nilai pajak saat ini.

 

“Kan enggak mungkin mau bayar kalau masyarakat punya sebidang tanah lalu ada dua SPPT yang harus dibayar. Selain itu juga, adanya pengurangan dan keberatan dari masyarakat juga menyebabkan tidak tercapainya target,” tuturnya.

 

Target PBB pada 2012 lalu sekitar Rp 60 miliar lebih, sementara berdasarkan data DPPKA, realisasinya hanya mencapai sekitar separuhnya. Sementara target PBB tahun ini jumlahnya meningkat, meski tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. (A-198/A-107)***

 

Sumber:

http://www.pikiran-rakyat.com/node/236504

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Pemerintahan dan tag . Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s