Sudahkan Anda Membayar PBB Kab. Bekasi di Tahun Ini?

Membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), merupakan sebuah kenikmatan tersendiri sebagai seorang warga negara yang baik dan mulia. Kenikmatan merasakan sebagai seorang warga negara yang taat pajak, serta kenikmatan berkesempatan ikut membangun bangsa tercinta melalui beberapa rupiah yang kita setorkan ke kas negara.

 

Dalam hal kita akan memulai pelaksanaan membayar Pajak Bumi dan Bangunan, pastikan terlebih dahulu bahwa kita sudah menerima SPPT (Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang) Pajak Bumi dan Bangunan yang diterbitkan oleh Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Kabupaten Bekasi.

???????????????????????????????

 

SPPT ini biasanya akan diberikan oleh Pengurus RT setempat pada antara Bulan Januari sampai Maret pada tahun berjalan. Jika sampai dengan bulan April kita belum juga menerima SPPT, maka silahkan menghubungi Pengurus RT atau setingkat di atasnya, RW setempat.

 

Selanjutnya, silahkan periksa di lembaran tersebut juga pada kolom yang terletak di kiri bawah. Di sana akan disebutkan batas waktu maksimal pembayaran PBB dan juga lokasi di mana kita harus membayar PBB Tahun ini.

 

???????????????????????????????

 

Khusus warga Kabupaten Bekasi yang berdomisili di Cikarang dan sekitarnya seperti saya, di sana tertulis bahwa batas maksimal waktu pembayaran PBB adalah pada tanggal 31 Agustus 2013. Sementara tempat pembayaran, bisa dilakukan di Bank BJB (Bank Jabar Banten) Cabang-Cabang Cikarang. Nah, pertanyaan sekarang adalah, “Di manakah Bank BJB Cabang-Cabang Cikarang berada?” sebagaimana tercantum di dalam SPPT tersebut.

 

Luruskan niat, luangkan waktu, dan siapkan tenaga ekstra untuk menuju ke lokasi sebagaimana yang disebutkan di dalam SPPT tersebut. Dari sekian banyak pilihan lokasi bank, satu diantaranya yang layak dijadikan referensi adalah sebuah Kantor Cabang BJB yang berada di dalam Kompleks Pemda Kabupaten Bekasi, Delta Mas.

 

Di dalam sebuah gedung megah yang berada persis di samping kiri Gedung Bupati Bekasi inilah kantor BJB yang kita jadikan pilihan berada. Dari pintu masuk kompleks Pemda, yang lokasi keseluruhannya berbentuk melingkar, arahkan kendaraan anda melintasinya dengan searah jarum jam. Tepat setelah Gedung Kantor Bupati Bekasi berada, gedung yang bernama Swatantra Wibawa Mukti ini berada.

???????????????????????????????

 

Setelah memarkirkan kendaraan dengan benar, segera kita memasuki gedung ini dan langsung menuju ke lantai dua melalui tangga yang berpagar menawan. Tangga dengan model sedikit melingkar dengan anak tangga yang lebar serasa memanjakan kaki anda sehingga tidak terasa lelah untuk menuju ke atas.

???????????????????????????????

 

Sesampai di lantai dua, pandangan mata kita akan segera tertuju kepada sebuah baliho kecil yang terletak di pinggir tembok. Baliho dengan jenis digital printing ini sengaja dipasang untuk semakin memudahkan kita menuju ke loket pembayaran yang berada di ujung ruangan. Ruangan yang bersih dan nyaman, terletak tidak jauh dari Smoking Area yang tertutup rapat.

??????????????????????????????????????????????????????????????

 

Saat berada di depan loket, siapkan SPPT kita dan uang pas untuk memudahkan proses transaksi pembayaran. Namun jangan lupa, jam pelayanan pembayaran PBB ternyata telah ditetapkan antara jam 09.00 – 15.00 dan istirahat jam 12.00 – 13.00 untuk Hari Senin sampai Kamis. Sedangkan khusus Hari Jum’at, istirahat pada jam 11.30 – 13.00. Sementara HAri Sabtu dan Minggu pelayanan tidak dibuka.

???????????????????????????????

 

Setelah semua proses selesai, pastikan bahwa kita sudah mendapatkan STTS (Surat Tanda Terima Setoran), sesuai dengan Nama dan Alamat rumah tingal yang dikenakan pajak. Cek dan ricek sebelum meninggalkan loket pembayaran. Karena kesalahan yang tidak segera dikonfirmasikan pada saat itu juga akan menyulitkan kita sendiri kelak di kemudian hari.

???????????????????????????????

 

Oh iya, jangan lupa meminta stempel LUNAS di STTS tersebut.

???????????????????????????????

 

Selamat membayar PBB. Selamat menjadi warga negara yang baik. Selamat berpartisipasi membangun bangsa. Dan selamat untuk semuanya.

 

ANANTO PRATIKNO

Pos ini dipublikasikan di Pemerintahan dan tag . Tandai permalink.

65 Balasan ke Sudahkan Anda Membayar PBB Kab. Bekasi di Tahun Ini?

  1. mertha berkata:

    Sangat membantu sekali informasi yang diberikan. Terima kasih

  2. abdul berkata:

    hatur nuhun kang

  3. deden berkata:

    klo pke sppt thn kmrin bs ga ya.soalnya sy ga dpt sppt yg bru mngkin terselip di rt atau rw.
    klo daerah serang baru jg byarnya di BJB cabang cikarang jg ya.

  4. dadang berkata:

    kang kalo untuk daerah bekasi apa bisa di bayar di jakarta g ya

  5. fafau berkata:

    sebelumnya terima kasih infornya, just info ternyata BJB juga ada di daerah sukaresmi ( di samping kantor desa sukaresmi )

  6. JAMEZ berkata:

    Kang …kalo belum dapat SPPT apa bisa tanya langsung ke BJB deltamas?

  7. Iyus berkata:

    matur nuwun pa e

  8. irawan berkata:

    PAK /BU sy ada rumah BTN di Graha Prima tambun Desa Mangun Jaya >>>kalau mau bayar gimana n kemana yah makasih

  9. irawan berkata:

    belum bayar PBB sejak thn 1996…..

  10. Noor Rusdiyanto berkata:

    min mo tanya cara mengecek PBB terhutang gimana ya…..terima kasih sebelumnya…

  11. edhi w berkata:

    Bagaimana cara cek tagihan pbb yg SPPT nya hilang?

  12. Edhi W berkata:

    Apakah tidak bisa nge-print sppt secara on line Pak Admin?
    Tq

  13. Glenn berkata:

    Pantas saja, tahun 2013 lalu saya tidak bisa bayar PBB Jatimulya Bekasi via ATM BJB di batam. Rupanya harus bayar langsung di BJB Cabang2 Cikarang.
    Terimakasih atas infonya.

    Oh ya, kalau tidak merepotkan, saya boleh minta tolong sama bapak untuk membayarkan PBB saya (2013 dan 2014)? Saya ada rumah 2 kapling di Jatimulya – Bekasi timur.

  14. egga sembada berkata:

    Klo sppt gak ada bs gak? Sy belum bayar dr tahun 2010. Tolong infonya ya!

  15. desitari berkata:

    jatuh tempo pembayaran pbb kapan ya pak ? terima kasih

  16. samlawi berkata:

    bagaimana rakyat mau taat bayar pajak kalau mau bayar aja harus di tempuh dengan jarak yg begitu jauh, apa ga bisa online seperti dulu sehingga memudahkan wajib pajak yg mau membayar, tolong beri kemudahan pada rakyat dlm partisipasi membangun bangsa ini

  17. agus p berkata:

    Saya beli rumah dr thn 2007. Tapi tidak terima spt pbb. Bagaimana kalo mau bayar pajak pbb?

  18. Tumon suyono berkata:

    Saya tinggal di Perum taman alamanda,
    sedangkan kita mau bayar PBB harus ke cikarang
    bisa tidak saya bayar melalui bang BJB yang ada di jalan juanda bekasi..?

    saya menyayangkan cara pembayaran PBB hanya bisa di lalukan di bank BJB saja
    apa tidak ada bang lainya?

    • Glenn berkata:

      http://uptdpbbwil3.wordpress.com/tag/tempat-pembayaran-pbb-di-kabupaten-bekasi/

      Pak Tumon, karena peralihan dari pusat ke otonomi daerah, pembayaran PBB hanya bisa di Bank yang sesuai dengan lokasi daerahnya. Jadi bapak tidak bisa bayar PBB Kab. Bekasi di BJB Kota Bekasi, karena sistem Pajak-nya tidak online.
      Klik website di atas, bapak akan lihat daftar BJB yang menerima pembayaran PBB Kab. Bekasi.

      Memang sangat disayangkan, mau taat pajak, tapi dipersulit. Lebih parah lagi walau punya ATM BJB, tetap saja tidak bisa bayar PBB via mesin ATM. Harus ke BJB yang sesuai daftar di website di atas.

      • Tumon suyono berkata:

        ini seharusnya menjadi perhatian instansi terkait pak
        kita kena pajak mau bayar aja susah,seharusnya pelayanan pajak
        tidak hanya melalui bank BJB saja,seperti pembayaran pajak yang sebelum-belumnya
        bisa online di berbagai bank.

  19. Yonawan berkata:

    Pak/Bu, mohon bantuan informasinya, untuk mendapatkan pelayanan pbb (pendaftaran, mutasi, dll.) atas objek pbb yang berada di wilayah kecamatan Karang Bahagia Kab. Bekasi, saya harus ke kantor/instansi mana ya? Bisa minta alamat dan nomor telepon instansinya juga, Pak/Bu? Terima kasih sebelumnya atas bantuan Bapak/Ibu.

  20. Ping balik: 31 Agustus Batas Akhir Pembayaran PBB 2014, Sudah Bayarkah Anda? | klipingbekasi

  21. SRH Sitanggang berkata:

    Saya punya lahan kosong di Kelurahan Sukatani, Cikarang. Di Bank Jabar mana saya bisa bayar PBB? Terima kasih. Tel 081298572713

  22. sigittri berkata:

    Beberapa tahun ini saya kesulitan bayar PBB, sehingga saya sudah nunggak lebih dari 2 tahunan.
    Dulu saya kalo bayar PBB ke bank BRI, ternyata sudah dipindah ke bank BJB, namun untuk di sekitar Tambun Selatan, saya kesulitan menemukan bank BJB, pernah saya coba bayar di bank BJB Plaza Metropolitan Tambun, namun ditolak, infonya harus ke bank BJB Cikarang, wow jauh amiiit jadi malas saya membayarnya sampai sekarang.

    • klipingbekasi berkata:

      Benar sekali, pak. Berdasarkan peraturan perundangan yang baru, pembayaran PBB sudah diserahkan ke masing-masing pemda kabupaten/ kota sejak tahun 2013 yang lalu. Nah, tergantung pemda masing2, memiliki rekening di mana. Kebetulan, rekening Pemda Kab. Bekasi ada di BJB, maka jadinya harus bayar ke sana. Menurut saya, seharusnya BJB Plaza Metropolitan Tambun seharusnya bisa, karena sistemnya sudah Online. Salam.

  23. Ferry berkata:

    sy ada kaplingan d mangun jaya,klo mau bayar pbbnya di atw ke mna….

  24. acim berkata:

    Kagak usah mikir bayar PBB klu sekarang pelayanannya menjadi lebih sulit, lagian kata menteri BPN PBB untuk rumah tinggal mau dihapuskan jadi nggak usah bayar PBB … finish

  25. faqih berkata:

    kalau bayar pajaknya telat, ada semacam dendanya tidak? atau hanya bayar pajaknya saja. belum bayar dari 2010

  26. Bayoe HP berkata:

    Kalau mau memperbaiki SPPT PBB kemana dan berapa no telp yg dpt dihubungi.

    salam,

  27. udin berkata:

    MIN MET PETANG MAU NANYA,KAN SAYA ADA KPR BTN DI BEKASI TERUS NEMPATI DARI TAHUN 2013 DAN BELUM DI KASIH PBB DARI PENGEMBANG,E TAHU TAHU DI KASIH PBB 2013 PAS SAYA MAU BAYAR DI BJB KATANYA DI BLOKIR HARUS KE CIKARANG.MAKSUDNYA GIMANA.WAKTU ITU TIDAK SEMPAT NANYA.MOHON PENJELASANNYA TERIMA KASIH.

  28. Harry Wuisan berkata:

    Pak/Ibu slamat pagi/siang,
    Ini saya punya rumah di perum ( Grand Resident Setu Bekasi ) saya mau bayar PPB tapi ko nga bisa-2 saya sudah ke bank BJB di jakarta pusat, kata nya petugas bank ID saya belum ada jadi saya harus bayar kemana yah ?
    Terimah kasih.

    Mohon informasi,
    Harry Wuisan
    Phone : 0877 8112 3471

  29. Bayoe HP berkata:

    Kalau mau memperbaiki SPPT PBB kemana dan berapa no telp yg dpt dihubungi.
    Lokas Bangunan ada di Ds. Sumber Jaya – Tambun Selatan, Kab. Bekasi

  30. Zainal asikin berkata:

    Saya atas nama Zainal Asikin saya ingin membayar pajak pbb. Tetapi sampai saat ini saya belum mendapatkan tagihan tersebut apakah ada di pihak deploper atau di pihak btn. Alamat rumah saya ada di wilayah tambun utara jl karang mulya komplek klaster anggrek. Persisnya di belakang komplax alamanda.

  31. Anih Suryanih berkata:

    assalamualaikum.suami saya membeli 2 bidang tanah (350m dan 100m) di daerah Cisaat, dari AJB Naik ke sertifikat dengan memakai jasa seorang notaris yang biasa dipakai oleh si penjual tanah tsb. setelah menunggu lebih dari setahun akhirnya selesailah sertifikat untuk tanah yang 100m (padahal diurusnya belakangan, setelah yang 350m). ketika saya tanya tentang sertifikat tanah yang 350m jawabnya biasa kok yang diurus belakangan jadi duluan. akhirnya saya ambil sertifikat yang sudah jadi, tapi tidak ada SPPT PBB atas nama pemilik baru (suami saya), ada salinan AJB dan dokumen SPPT PBB dengan nama pemilik lama. Kemudian saya ambil lagi sertifikat tanah yang 350m tapi harus ambil langsung di BPN Kab Bekasi dengan alasan tanda terima yang diserahkan oleh BPN ke Notaris hilang. jadi itulah sebabnya kenapa sertifikat yang ini sangat lama selesainya. ternyata inipun tidak ada SPPT PBB atas nama suami saya. hanya ada Salinan AJB , bahkan dokumen SPPT PBB pemilik lamapun ternyata hilang pula. apa yang harus saya lakukan ? Kami orang awam, tksh

  32. Son Ekabiakto berkata:

    Kalo pembetulan SPPT PBB kemana ya pak. Alamat sy di Desa Tridayaskati Tambun Selatan, trima kasih sblmnya.

  33. Son Ekabiakto berkata:

    Kalo pembetulan data di SPPT PBB kemana kita hrs datang? karena Nama sy salah di SPPT PBB.
    Alamat sy di Desa Tridayasakti Kec Tambun Selatan

  34. pipit berkata:

    saya baru beli rumah sy mau byr pbb tp tertera di ke kelurahan pbb sy diblokir n ktnya hrs buka blokir dicikarang,kok jauh bngt ya..
    apa bisa di permudah biar saya tdk kecikarang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s