Aturan Tempat Hiburan di Kabupaten Bekasi Gelap

Aturan Tempat Hiburan di Kabupaten Bekasi Gelap

Posted by admin on 11/09/2014 – 9:46 pm in BERITA UTAMA, CIKARANG BEKASI| 3 Views | Leave a response

Dewan Tuntut Peluncuran Perda

 

CIKARANG PUSAT – Maraknya tempat hiburan yang tak sesuai dengan perijinannya, timbulkan berbagai persoalan. Pengusaha tempat hiburan tak sedikit yang gunakan peluang ini untuk mencari laba sebesar-besarnya. Semisal, dengan hanya kantongi izin cafe resto namun terdapat usaha karaoke didalamnya, diperparah lagi dengan merubah pajak food and baverages menjadi pajak karaoke. Ada juga beberapa hotel yang tak kantongi IMB namun tetap beroperasi.

 

Lemahnya regulasi yang ada dewasa ini dituding sebagai faktor penyebab utamanya. Untuk itu, anggota DPRD Kabupaten Bekasi, Jejen Sayuti mendesak Pemkab Bekasi segera terbitkan peraturan daerah (Perda) perihal hiburan. “Saya minta agar Pemkab segera bikin aturan yang mengikat terkait hiburan. Karena saat ini makin menjamur dan indikasinya negatif,” jelasnya.

 

Dijelaskannya, banyaknya keluhan masyarakat yang persoalkan hal itu dapat dijadikan dalih Pemkab segera buatkan Perda hiburan. Selain itu, sisi positifnya adalah dengan adanya Perda hiburan akan mampu menambah PAD Kabupaten Bekasi. Padahal kata dia, Pemkab sudah lakukan studi banding serta metode lain sebelum menetapkan pembuatannya. Kendati demikian, sampai saat ini Perda tersebut belum juga terealisasi.

 

“Sudahlah cukup masyarakat mengeluh, harus didengar, jangan diacuhkan. Lagian kan, kalau Perda tersebut diterbitkan, pastinya akan menambah PAD dari sektor pariwisata atau hiburan yang berasal dari retribusinya,” ungkapnya.

 

Lebih lanjut dikatakan, dirinya berharap nantinya tempat-tempat hiburan malam seperti cafe, karaoke, serta lainnya hanya berada di daerah kawasan saja. Pasalnya, bila berada di daerah pemukiman warga, ditakutkan akan mengganggu jam istirahat masyarakat. “Kalau bisa, tempat hiburan malam di area kawasan saja, seperti di Lippo, Jababeka, MM 2100,” tandasnya.

 

Terpisah, Kepala Seksi Penegakan Perda (Kasi Gakda) pada Satpol PP Kabupaten Bekasi, Rama Matandung mengaku belum bisa berbuat banyak terkait menjamurnya tempat hiburan malam yang ada di wilayahnya kini. Diakuinya, sebelum ada Perda yang jelas, kuat, serta mengikat, pihaknya belum berani bertindak. Untuk itu, dirinya berharap agar Pemkab segera bentuk Perda hiburan.

 

“Kami tidak bisa berbuat banyak sebelum ada Perda yang mengatur kebijakan tempat hiburan malam, baik itu dari sisi perijinan, jam operasional, maupun lainnya. Karena Perda lah yang jadi acuan tim kami untuk bertindak,” tegasnya.

 

Untuk diketahui, pada tahun 2011 lalu, Raperda tentang hiburan malam pernah diajukan Pemerintah Daerah, namun mendapat protes dari masyarakat. Masyarakat menolak Perda tentang hiburan malam dengan alasan hal itu dianggap sebagai melegalkan perbuatan asusila. Banyaknya protes warga mendorong DPRD dan Pemkab Bekasi membatalkan Raperda tersebut. Dengan dibatalkannya Perda hiburan malam itu, Pemkab Bekasi tidak memiliki Perda hiburan, sampai berita ini diturunkan.

 

Sebelumnya, Wakil Bupati Bekasi, Rohim Mintaredja yang juga merupakan Ketua BNK menjelaskan, tempat hiburan malam sangat identik dengan peredaran narkotika. Bahkan diakuinya, bandar narkoba internasional juga pernah ditangkap di wilayah Cikarang Selatan yang menjadi tempat hiburan malam di Kabupaten Bekasi. “Seringkali transaksi narkoba dilakukan di tempat hiburan itu, sehingga hal ini perlu ditertibkan,” tutupnya. (CR 34)

 

Sumber:

http://bekasiekspresnews.co.id/2014/09/aturan-tempat-hiburan-di-kabupaten-bekasi-gelap/

Pos ini dipublikasikan di Dunia Usaha dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s