Pelacuran Marak, Ratusan Orang di Kab Bekasi Terkena AIDS

Pelacuran Marak, Ratusan Orang di Kab Bekasi Terkena AIDS

Senin, 01 Desember 2014 – 10:08 WIB

 

Beritabekasi.co, Cikarang – Pelacuran liar dan tak terkendali di wilayah Kabupaten menyebabkan ratusan orang terkena virus HIV AIDS. Kasus pengidap HIV/AIDS di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dianggap cukup tinggi. Ada kecenderungan kenaikan dari tahun ke tahun.

 

Berdasarkan catatan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Bekasi tercatat ada 711 orang yang positif HIV/AIDS hingga 1 Desember 2014 ini. Menurut Pengelola Program KPA Kabupaten Bekasi, Ade Bawono, terjadi kenaikan dari tahun sebelumnya yakni sebanyak 95 orang.

 

“Tahun 2013 lalu tercatat kasus HIV/AIDS ada 616 orang dan kini meningkat sebanyak 95 orang,” ujar Ade Bawono, Senin (1/12).

 

Dia mengatakan, kebanyakan penularan kasus HIV/AIDS di wilayah setempat disebabkan faktor hubungan seksual dan penularan dari ibu kepada bayinya.

 

“Masih banyak penderita yang tidak menyadari dirinya terinfeksi. Lalu melakukan hubungan seksual dan menularkan kepada pasangannya. Serta, faktor yang disebakan penularan dari ibu kepada bayinya,” ujarnya.

 

Meski begitu, Pemerintah Kabupaten Bekasi bersama dinas terkait dan sejumlah LSM terus melancarkan sosialisasi kepada masyarakat terkait bahaya HIV/AIDS.

 

“Selain melakukan sosialisasi, pemerintah daerah juga telah menambah dari tiga Puskesmas yang melayani penderita HIV/AIDS, kini menjadi 10 Puskesmas yang tersebar di wilayah Kabupaten Bekasi,” ujarnya.

 

Dia melanjutkan, setiap tahun ada program pemeriksaan CD4 bagi penderita HIV/AIDS secara gratis dengan kuota 200 orang dan pihaknya menjamin ketersediaan obat.

 

“Stok obat antiretroviral (arv) di RSUD Kabupaten Bekasi bagus (tersedia). Penjangkauan sosialisasi dianggap sudah cukup maksimal dengan banyaknya kader masyarakat, sekolah dan komunitas peduli HIV/AIDS,” imbuhnya. []

 

Sumber:

http://beritabekasi.co/page/kanal/?id=7227&subid=2&kanal=kesehatan&alias=Pelacuran%20Marak,%20Ratusan%20Orang%20di%20Kab%20Bekasi%20Terkena%20AIDS&page=detil

Pos ini dipublikasikan di Sosial dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s