Pemkab Bekasi Usung Branding The Green Of Industry City

Pemkab Bekasi Usung Branding The Green Of Industry City

Sabtu, 20 Februari 2016 — 18:29 WIB

 

CIKARANG (Pos Kota) – Memiliki kawasan Industri yang besar, Kabupaten Bekasi berencana meproyeksikan wilayahnya menjadi statusnya sebagai Kota Industri Hijau atau The Green Of Industry City. Sebenarnya sudah direcanakan sejak tahun lalu.

 

“Sebenarnya ini sebuah kegiatan yang dilakukan sejak tahun 2015, Kabupaten Bekasi sendiri sudah dikenal luas karena lokasi industrinya yang strategis. Tentunya kita ingin mempersiapkan branding city supaya tidak tertinggal dengan daerah lain,” kata Kasie Tata Ruang (Tarkim) Kabupaten Bekasi, Neneng Rahmi, Sabtu.

 

Menurut Neneng, bahwa branding city bukan hal yang baru di terapkan. Kalau di daerah lain sudah banyak yang mengusung ide tersebut, sehingga jangan sampai Kabupaten Bekasi terlambat dalam penerapan ide tersebut. Maka dari itu pihaknya berupaya untuk mewujudkan apa yang dinamakan dengan city branding tadi.

 

Brand merupakan logo maupun merek yang diharapkan bisa membawa kebanggaan bagi warganya, kalau untuk manfaat sudah pasti sangat jelas bisa mendorong pertumbuhan ekonomi, kebanggaan dan lain sebagainya. Namun, di sini pihaknya mencoba untuk konsistensi dulu, dalam hal penataan kota mungkin daerah lain mengusung yang berbeda pula.

 

“Dalam hal branding city, diakuinya memang sudah banyak daerah kab/kota yang menerapkannya. Tetapi, branding yang diterapkan seperti kota Bandung spefikasinya lebih kepada kepada sektor pariwisata. Sedangkan, di Kabupaten Bekasi branding city yang ditawarkan adalah bagaimana menata kota yang lebih baik dan di sini kita masing mengusulkan konsep. Jadi belum di sepakati bersama,” ucapnya.

 

Neneng mengatakan, semua dalam kemasan branding city mengadopsi semua hal dan tidak akan melupakan sejarah yang ada. “Bahkan, nantinya brand akan di tawarkan kepada masyarakat untuk membuat logo atau merk dengan cara di sayembara yang bagus akan menjadi hak milik cipta Pemkab Bekasi,” katanya.

 

Meski usulan branding city belum disepakati bersama, sambung Neneng, tetapi pihaknya mengusulkan konsep the green of industri city. “Kenapa bisa bilang begitu, mungkin kalau bicara industri  daerah seperti Karawang juga punya, Purwakarta punya, bogor juga punya serta daerah lainnya juga punya,” kata dia.

 

Yang Membedakan

 

Namun, apa yang membedakan industri di Kabupaten Bekasi dengan daerah lain? Pihaknya mengharapkan The Green Of Industri City menjadi konsep industri yang berbasis hijau dan ramah lingkungan, bukan kepada jenis usaha indutrinya. Kalau usaha industri yang beroperasi di Kabupaten Bekasi tentu semuanya beragam macam. Tapi secara penataan kotanya didindingngnya ada warna hijaunya.

 

“Jadi branding city yang diusung nantinya punya pembeda dengan daerah lainnya. Nah, semua itu kembali pada kosistensi daerah terhadap the green city of industry yang di usung. Kalau kita kosistensi dengan itu maka serapan yang lain bisa tumbuh,” ucapnya.

 

Kalau sudah ada brand, tambah Neneng, nanti banyak hal yang bisa dimasukan di sini. Nantinya product yang dikeluarkan tipikal tata ruangnya hijau, maka akan diselaraskan dengan masterplan yang di miliki Kabupaten Bekasi mulai dari skala kecil sampai besar bisa diwujudkan dengan slogan yang berupa konsep the green of industry city.

 

Tentunya branding city harus ada kesepakatan bersama, sambung Neneng, tidak harus berasal dari Dinas Tarkim saja, tetapi juga harus ada dari SKPD serta warga Kabupaten Bekasi yang bisa di harapkan nanti seperti apa perwujudannya apakah harus seperti kota Bandung “Enjoy Your Life” kalau buat Kabupaten Bekasi branding tersebut kurang tepat karena daerah berbasis industri. (lina/win)

 

Sumber:

http://poskotanews.com/2016/02/20/pemkab-bekasi-usung-branding-the-green-of-industry-city/

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Dunia Usaha dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s