Hyundai Bayar Kompensasi Kerugian 2 Miliar

Hyundai Bayar Kompensasi Kerugian 2 Miliar

By admin

Feb 22, 2016

 

Tahtabekasi.com-Pencemaran lingkungan yang di lakukan pengelola kawasan  Hyundai yang kasusnya di limpahkan ke pengadilan sudah berakhir dengan adanya putusan dari pengadilan dimana Hyundai di haruskan membayar kompesasi 2 miliar di tambah perbaikan Ipal dalam jangka waktu 9 bulan.

 

“Memang sudah ada putusan dari pengadilan dimana pihak Hyundai bersedia membayar kompensasi kerugian sebesar 2 miliar ditambah pihak Hyundai harus memperbaiki Ipalnya,” ujar Kepala BPLH Kabupaten Bekasi, Maman Agus Supratman di wawancarai usai Rapat Koordinasi Adipura 2016 di Ruang Rapat Sekda.

 

Menurut pria yang akrab di sapa M.A, soal tuntutan hukum kepada Hyundai waktu itu ditangani Bagian Hukum Pemkab Bekasi sebagaimana instruksi dari Bupati untuk meneruskannya ke pengadilan. Kemudian bagian hukum pemkab menyerahkan sepenuhnya kepada jaksa pengacara negara (datun), dimana dalam pengadilan ada yang disebut namanya ultimum premedium kalau di dalam Undang-Undang 32 tahun 2004 itu ada di point 6 “pidananya akan menjadi tuntutan apabila hukum administrasi dianggap gagal”.

 

Masalah Hyundai terhadap tuntutan yang diminta Pemkab Bekasi,sambung dia, sudah ada mediasi di pengadilan dimana jam datun selaku pengacara negara mewakili pemerintah kab bekasi dan putusan itu di setujui Hyundai membayar kompensasi 2 miliar dan memperbaiki water plant treatmentnya (WTP) dalam jangka waktu 9 bulan.

 

“Jika nanti dalam pengechekan ke lapangan batas ambang batasnya tidak sesuai dengan ketentuan maka nilai kompensasinya bisa di tambah lagi,” terangnya.

 

BPLH Kabupaten Bekasi tambah M.A, akan selalu terus memantau perkembangan yang sudah di lakukan Hyundai sampai sejauh mana. Nantinya, Jam Datun akan memanggil BPLH  untuk mengechek kembali tentang ambang batas, jika itu masih juga masih di bawah maka akan ada lagi sanksinya untuk diterapkan.

 

16 miliar itu merupakan tuntutan semula yang di minta BPLH Kabupaten Bekasi selaku mewakili nama Pemerintah Kabupaten Bekasi, karena tuntutan yang diajukan berdasarkan pada hitungan yang dilakukan tim ahli. Tapi ternyata dalam proses pengadilannya ada mediasi, kenapa tidak masuk dalam pidana umum proses hukum pengrusakan lingkungannya. (Dje)

 

Sumber:

http://tahtabekasi.com/hyundai-bayar-kompensasi-kerugian-2-miliar/

Pos ini dipublikasikan di Lingkungan, Pemerintahan dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s