KPU Kabupaten Bekasi Butuh Kepastian Anggaran Pilkada 2017

KPU Kabupaten Bekasi Butuh Kepastian Anggaran Pilkada 2017

Rabu, 24 Februari 2016

 

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Diberitakan sebelumnya, anggaran penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bekasi 2017 yang disahkan berdasarkan rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bekasi, sebesar Rp 33,7 miliar dari anggaran yang diajukan sebesar Rp. 48 miliar yang diambil dari APBD 2016.

 

Ketua KPU Kapubaten Bekasi, Idham Kholik, Rabu (24/02) mengakui bahwa dana yang diajukan KPU pada Pilkada tahun 2017 lebih besar dibandingkan pemilihan umum sebelumnya. Hal ini dikarenakan KPU harus menganggarkan untuk membuat alat peraga kampanye bagi seluruh calon.

 

Selain alat peraga, anggaran tersebut pun digunakan antara lain untuk belanja pegawai hingga tingkat petugas di tempat pemungutan suara, program sosialisasi hingga pengadaan logistik. Pengurangan anggaran ini dinilai bakal berdampak karena pembiayaan di sejumlah sektor terpaksa dipotong untuk disesuaikan.

 

Untuk mengatasi permasalahan ini, Idham mengaku telah menggelar pertemuan dengan Sekretaris Daerah. Dari pertemuan tersebut, KPU diperkenankan kembali mengajukan dana yang kurang pada APBD perubahan nanti dan disarankan untuk mengajukan kembali pada APBD 2017. Namun, anggaran 2017 dinilai terlalu berdekatan dengan Pilkada yang akan dilaksanakan 15 Februari 2017.

 

“Mengenai Anggaran 2017, Pemda masih berkonsultasi dengan Kementrian Dalam Negeri. KPU mohon pemda dapat memastikan anggaran tersebut agar bisa digunakan awal Januari 2017,” jelasnya.

 

Menanggapi hal ini, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi Aep Saeful Rohman mengatakan pengurangan anggaran Pilkada disebabkan karena minimnya APBD 2016. Untuk menutupi kekurangannya, Dewan setuju diajukan kembali di anggaran perubahan.

 

“Kami setuju dan akan didorong untuk di perubahan. Karena saya cek ke badan anggaran pun katanya sudah masuk pengajuan dari KPU. Meski ini masuknya dana hibah namun ini pengecualian, diprioritaskan, karena ini hajat Kabupaten Bekasi sesuai amanat undang-undang,” kata dia.

 

Aep mengatakan, Pilkada 2017 nanti bisa dibiayai tiga tahapan yakni APBD 2016, APBD Perubahan 2016 dan APBD 2017. Dewan siap membantu mendorong asalkan kebutuhan primer dipenuhi pada dua tahapan awal.

 

“Bisa saja di 2017 dianggarkan lagi hanya untuk anggaran tambahan bukan anggaran inti. Seperti nanti anggaran ke Mahkamah Konstitusi atau untuk penetapan pemenang dan pelantikan,” kata dia. (DB)

 

Sumber:

http://beritacikarang.com/kpu-kabupaten-bekasi-butuh-kepastian-anggaran-pilkada-2017/

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Politik dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s