Revitalisasi Pasar Cikarang Batal

Revitalisasi Pasar Cikarang Batal

Kamis, 10 Maret 2016 | 09:37 WIB

 

PELAKSANAAN revitalisasi Pasar Cikarang hingga kini belum menemuan kejelasan. Meski sempat direncanakan kalau revitalisasi bakal dilakukan pada Maret 2016, namun menjelang minggu kedua pada Maret, belum juga ada tanda-tanda pasar tradisional tersebut bakal direvitalisasi.

 

Asisten Daerah (Asda) II Kabupaten Bekasi, Oded S Yahya, mengatakan kalau, pembahasan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara PT Senjaya, pelaksana revitalisasi Pasar Cikarang dan pemerintah daerah belum selesai. Alhasil, hingga bulan ini revitalisasi dipastikan batal dilakukan.

 

“Kalau pun nantinya sudah ada tandatangan dalam PKS itu tidak serta merta langsung dibangun harus ada beberapa kewajiban,” ucapnya.

 

Pasar Cikarang yang berlokasi di Jalan Raya RE Martadinata ini sudah sekitar lima bulan kondisinya tak beraturan setelah terbakar pada Oktober 2015 lalu. Sebanyak 950 lapak pedagang ludes dalam peristiwa kebakaran tersebut.

 

Banyak pedagang hingga kini masih terkatung-katung nasibnya karena revitalisasi pasar belum ada kejelasan.

 

Menurut Oded, sebelum merevitalisasi, pengembang harus mengganti aset milik pemerintah daerah yaitu berupa bangunan dan lahan Pasar Cikarang. Berdasaran hitung-hitungan tim appraisal, aset yang harus dibayarkan sebesar Rp2 miliar.

 

“Jadi masih panjang (PKS) dan kita sih berharapnya April sudah selesai sehingga ada pembicaraan selanjutnya,” ujarnya.

 

Masih Oded, pembahasan PKS antara pemerintah daerah dengan pengembang tidak semudah membalikan telapak tangan. Karena akan ada sejumlah dampak yang timbul dari PKS seperti nilai investasi yang dimiliki pemerintah daerah dan pengembang. Pasalnya, investasi akan menjadi dasar dalam sharing royalti.

 

“Kan nantinya akan ada PAD yang bakal masuk sehingga perlu perhitungan berapa untuk pemda dan juga pengembang,” ungkapnya.

“Jadi penampungan bagi pedagang juga perlu dipikirkan oleh pengembang, sebelum dibongkar kios semua pengembang seharusnya sudah menyiapkan tempat penampungan,” lanjutnya. (dho)

 

Sumber:

http://gobekasi.pojoksatu.id/2016/03/10/revitalisasi-pasar-cikarang-batal/

Pos ini dipublikasikan di Fasilitas Umum dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s