Pembuatan e-KTP di Kecamatan Terkendala, Mesin Sering Ngadat

Pembuatan e-KTP di Kecamatan Terkendala, Mesin Sering Ngadat

Selasa, 3 Mei 2016 — 20:57 WIB

 

BEKASI (Pos Kota) – Pencetakan elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) yang sudah dilakukan di kecamatan Kabupaten Bekasi masih terkendala  dengan sering ngadatnya mesin cetak, selaian it banyak operatornya belum terviasan menggunakan mesin cetak ini.

 

“Memang perlu latihan, nanti juga terbiasa,” ujar Hilman, satu teknisi pada bagian Data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi, Selasa (3/5).

 

Menurutnya, sejak diberlakukannya pencetakan e-KTP di tiap kecamatan, kendala  utamanya ruangan yang harus bertemperatur stabil dan  voltage listrik yang sesuai dengan kebutuhan mesin cetak. “Kalau tidak stabil, e-KTP akan rusak dan datanya tidak tercetak,” ujarnya.

 

Sementara itu,   sejak dimulainya proses pencetakan e-KTP di tiap kecamatan, banyak pihak kecamatan memulangkan mesin terutama server dan CPU lantaran sering ngadat, “Baru dipakai ngeprint sekali sudah ngadat,” ujar Ujang, operator pencetakan di Kecamatan Muaragembong.

 

Sedangkan  beberapa kecamatan di Kabupaten Bekasi yang penduduknya lebih banyak dibandingkan lainnya seperti di Tambun Selatan, Cibitung, Cikarang Barat dan Cikarang Utara, membutuhkan  lebih banyak keping e-KTP.

 

Misalnya, di Kecamatan Tambun Selatan, setiap hari warga yang melakukan perekaman lebih  100 orang, “Otomatis kebutuhanny lebih  100 keping, sedangkan kami hanya dijatah hanya 100 keping” ujar Ahmad Syabani, Kasi Kependukan Kecamatan Tambun Selatan.

 

Hingga hari kedua pencetakan KTP-el di Kecamatan Tambun Selatan, masih berkisar antara 30 -50 keping dan ini dinilai masih taraf percobaan, “Mudah-mudahan ke depannya dapat ditambah jumlah jatah untuk kecamatan ini,” harap Ismet, sambil berharap keping yang rusak sedikit. (saban/iw)

 

Sumber:

http://poskotanews.com/2016/05/03/pembuatan-e-ktp-di-kecamatan-terkendala-mesin-sering-ngadat/

Pos ini dipublikasikan di Pemerintahan dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s