Dalam Penilaian Adipura, Pemkab Bekasi Mengajukan Taman Kota Milik Swasta untuk Diikutsertakan

Dalam Penilaian Adipura, Pemkab Bekasi Mengajukan Taman Kota Milik Swasta untuk Diikutsertakan

May 7, 2016

 

Bekasi, Bekasiurbancity.com – Dalam penilaian Adipura, pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mengajukan taman kota milik swasta untuk diikutsertakan. Alasannya, karena pemerintah daerah tidak memiliki taman dan hutan kota yang representatif.

 

Kabid Rehabilitasi Lingkungan pada BPLH Kabupaten Bekasi, Agus Dahlan mengatakan, persyaratan dalam penilaian adipura, tama kota harus ada unsur rekreasinya dan tempat bermain anak, sejauh ini taman kota seperti itu yang merupakan milik Pemkab Bekasi belum ada.

 

Dikatakan Agus, taman dan hutan kota yang diajukan dalam penilaian Adipura yakni taman kota milik Perumahan Grand Wisata dan hutan kota milik Jababeka. Menurut dua, kedua ruang terbuka hijau itu sesuai dengan kriteria penilaian Adipura.

 

“Jadi yang taman kota dibangun di sepanjang jalan negara itu hanya pelengkap saja, meski memang kita juga sudah bangun taman kota di Cikarang Utara di Jalan RE Martadinata dan itu dirasa belum cukup,” ungkapnya.

 

Selain soal taman dan hutan kota, penilaian Adipura lainnya yang tak kalah pentingnya yaitu soal pengelolaan sampah akhir. Kata Agus, pengelolaan sampah yang baik menjadi kunci untuk mendapatkan nilai plus di Adipura.

 

“Jadi kuncinya bisa di pengelolaan sampah, dan itu ada di Dinas Kebersihan dan Pertamanan. Sekarang sudah sejauh mana penanganannya baik sampah dari hulu hingga hilir,” katanya.

 

Penilaian Adipura terdiri dari beberapa item, seperti perkantoran, terminal, pasar, rumah sakit, ruas jalan sekolah, stasiun kereta api, puskesmas, TPA, dan TPS. Kata Agus, tahun ini Kabupaten Bekasi optimistis bisa meraih nilai yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

 

“Meski untuk meraih Adipura memang masih jauh tapi setidaknya ada peningkatan nilai yang kita dapat, jadi kita sebagai akomodir juga meminta kepada dinas lain untuk meningkatkan tempat yang dinilai Adipura untuk bisa meningkatkan nilainya,” pungkasnya. []

 

Sumber:

http://www.bekasiurbancity.com/dalam-penilaian-adipura-pemkab-bekasi-mengajukan-taman-kota-milik-swasta-untuk-diikutsertakan/

Pos ini dipublikasikan di Lingkungan dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s