Kawasan Industri Jababeka Pintu Masuk Kawanan Begal

Kawasan Industri Jababeka Pintu Masuk Kawanan Begal

Jumat, 13 Mei 2016 | 17:47 WIB

 

POLRES Bekasi Kabupaten Bekasi melakukan pertemuan (Guantibmas) dengan pengelola kawasan industri Jababeka Cikarang Timur, Jumat (13/5/2016).

 

Pertemuan tersebut untuk membahas tingginya tingkat kejahatan khususnya begal di wilayah Cikarang Timur. Kabag Ops Polres Bekasi Kabupaten, Komisaris Muryono menjelaskan, tingginya kriminal begal juga disebabkan sistem keamanan yang belum maksimal. Dalam hal ini kawasan industri disebut sebagai pintu masuk para kawanan begal.

 

“Masih banyak pintu-pintu lain yang di Jababeka yang membuat orang tidak berkepentingan keluar masuk, karakteristik jababeka ini tidak pakai sistem cluster, terdapat perkampungan di dalamnya sehingga ini jadi jalan umum yang akhirnya banyak orang yang tidak berkepentingan masuk,” jelas Muryono.

 

Pelaku kata Muryono, biasanya beroperasi sekitar pukul 01:00WIB hingga 03:00WIB dini hari. Muryono berharap, diskusi dengan pengelola dapat menghasilkan tindakan preventif dari kedua pihak.

Sementara Kasat Intel Polres Bekasi Kabupaten Andriansyah menambahkan, kepolisian telah mengerahkan seluruh personil namun dirasa belum cukup mengatasi tingginya kriminal begal.

 

Kata dia, personil yang tersedia berjumlah 1600 orang sedangkan jumlah penduduk Kabupaten Bekasi 3,5 juta jiwa serta ribuan perusahaan yang memiliki 1 juta karyawan di Jababeka.

 

“Pihak kepolisian sebetulnya sudah maksimal mengerahkan pasukan, namun itu belum cukup. Dan bukan hanya tugas kepolisian saja melainkan kita harus membangun komunikasi dengan semua pihak, koordinasi terhadap polisi, masyarakat, dan pemerintah,” kata dia.

 

Seperti diketahui, Cikarang sebagai daerah perbatasan menjadi sasaran empuk bagi pelaku kejahatan. Begal sendiri diinformasikan berasal dari daerah luar Bekasi dimana kedatangan mereka begitu saja dan memilih daerah sepi serta gelap untuk beroperasi.

[cr25/gob]

 

Sumber:

http://gobekasi.pojoksatu.id/2016/05/13/kawasan-industri-jababeka-pintu-masuk-kawanan-begal/

Pos ini dipublikasikan di Krimimalitas dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s