MEA Tak Pengaruhi Lonjakan Pekerja Asing di Kab. Bekasi

MEA Tak Pengaruhi Lonjakan Pekerja Asing

Rabu, 18/05/2016 16:46 WIB

 

CIKARANG_DAKTACOM: Diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sejak 1 Januari 2016 tidak berpengaruh pada melonjaknya jumlah pekerja asing di Kabupaten Bekasi.

 

Hal ini terlihat dari jumlah tenaga kerja asing yang mendaftar untuk retribusi izin memperkerjakan tenaga asing dibulan Januari-Maret 2016 yang mencapai sebanyak 400 orang

 

Kepala Bidang Perluasan dan Penempatan Tenaga Kerja, Disnaker Kabupaten Bekasi, Douglas Siregar pada Rabu (18/5) mengatakan dibukanya masyarakat ekonomi asean, tidak berpengaruh pada meningkatnya jumlah tenaga kerja  asing, angka 400 orang yang mendaftar itupun merupakan pekerja asing ditahun sebelumnya yang memperpanjang izin.

 

Diterapkannya MEA itupun tidak menggusur pekerjaan pekerja lokal, karena pekerja asing bekerja di tataran level pekerjaan seperti direktur perusahaan, manager, dan teknisi enginering.

 

Douglas menambahkan, untuk jumlah tenaga kerja asing berdasarkan data ada sebanyak 2.083 dari negara-negara seperti Jepang dan Korea Selatan, bekerjanya mereka di sini juga dipungut retribusi sebesar 100 US Dollar sehingga pendapatan daerah mencapai Rp. 35 Milyar pertahun.

 

Pendapatan itu menurutnya akan berkurang, mengingat jumlah tenaga kerja asing akan mengalami penurunan karena kebanyakan tenaga kerja asing yang bekerja merupakan ahli mesin pabrik, namun seiring dengan transfer ilmu ke tenaga kerja lokal mereka tidak dibutuhkan lagi di perusahaan.

 

Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Azeza Ibrahim

 

Sumber:

http://dakta.com/news/5013/mea-tak-pengaruhi-lonjakan-pekerja-asing

Pos ini dipublikasikan di Ketenagakerjaan dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s