Ini Syarat Dukungan Calon Independen Pilbup Bekasi 2017

Ini Syarat Dukungan Calon Independen Pilbup Bekasi 2017

Monday 23 May 2016 12:47

 

Sabekasi.com, Cikarang – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bekasi telah mengeluarkan aturan mengenai penetapan jumlah syarat dukungan dan sebaran dukungan paling sedikit pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati dari calon independen dalam Pilkada Kab. Bekasi pada 2017 mendatang.

 

Adapun persyaratan jumlah dukungan untuk calon independen tersebut adalah pada tahun 2017 sebesar 6,5 % X (dikali) jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan presiden dan wakil presiden di Kab. Bekasi tahun 2014 yaitu 6,5 % (enam setengah prosen) X 2.072.042 (Dua Juta Tujuh Puluh Ribu Empat Puluh Dua) = 134.682,73 dibulatkan menjadi 134. 683 pemilih.

 

Ketua KPUD Kab. Bekasi, Idham Holik menuturkan bahwa Jumlah dukungan tersebut tersebar di lebih dari 50 % kecamatan atau tersebar di 12 kecamatan. Dukungan tersebut dibuat dalam bentuk surat dukungan yang disertai dengan foto copy kartu tanda penduduk elektronik, kartu keluarga, pasport, dan/atau identitas lain sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

 

“Calon independen harus dapat menyerahkan dukungan sebanyak 134.683 dalam foto copy ktp atau dokumen kePendudukan lainnya yang dimiliki oleh pemilih. Nanti KPU Kab. Bekasi akan lakukan verifikasi administrasi dan faktual,” terang Idham kepada sabekasi.com, Senin (23/5).

 

Terkait revisi UU Pilkada sampai saat ini belum selesai, pihaknya akan mengikuti perintah KPU RI. “Kapasitas kami adalah melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” paparnya.

 

“Kami tidak memiliki kapasitas mengemukakan berapa syarat minimal dukungan untuk calon perseorangan dalam revisi UU Pilkada. Itu kapasitas DPR-RI dan Pemerintah,” sambung Idham.

 

Mengenai masih banyaknya warga Kabupaten Bekasi yang belum memiliki KTP elektronik, pihaknya berharap dan yakin dapat tertangani segera oleh Dinas KePendudukan dan Catatan Sipil Pemda Kab. Bekasi. (Fad)

 

Sumber:

http://sabekasi.com/news/detail/2/784/Ini-Syarat-Dukungan-Calon-Independen-Pilbup-Bekasi-2017

Pos ini dipublikasikan di Politik dan tag . Tandai permalink.

2 Balasan ke Ini Syarat Dukungan Calon Independen Pilbup Bekasi 2017

  1. togar pangaribuan berkata:

    Yang menjadi beban rakyat adalah bahwa pengurusan e-ktp saat ini di Kab. Bekasi disuruh bayar antara Rp. 100,000 s/d Rp. 120,000 per orang. Ini terjadi di salah satu kelurahan di kecamatan Tambun Utara. Petugas kelurahan menanyakan: kenapa baru ngurus sekarang? Nanti ke Kecamatan dan Kabupaten urus sendiri ya. Karena rakyat bilang, Kantor Kecamatan dan Kabupaten di mana pak, wah…dst? Eh ujungnya petugas kelurahan minta angka (100 -120 ribu rupiah) di atas dan terima jadi e-KTP nya. Apakah e-KTP harus bayar? Disetor kemana uang tadi oleh petugas kelurahan?

    • klipingbekasi berkata:

      Apabila tidak mau mengeluarkan ongkos sejumlah tersebut, bahkan bisa gratis, silahkan dicoba diurus sendiri saja, pak. Dimulai dari RT, RW, Desa, Kecamatan, hingga Pemda. Silahkan dicoba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s