Tahun Ini Bakal Banyak Proposal Hibah Ditolak Pemkab Bekasi

Tahun Ini Bakal Banyak Proposal Hibah Ditolak Pemkab Bekasi

Minggu, 29 Mei 2016 | 19:20 WIB

 

PERMOHONAN BANTUAN: Sebanyak 1.500 proposal dana bansos dan hibah menunggu untuk disetujui oleh pemerintah daerah. Meski ada SE Mendagri, namun untuk di tahun ini kemungkinan lembaga atau yayasan yang belum berbadan hukum bisa mendapatkan bantuan.

 

JUMLAH penerima hibah dan bantuan sosial dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2016 dipastikan menurun. Hal tersebut berkaitan dengan penerbitan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 14 Tahun 2016 yang mengharuskan penerima hibah telah berbadan hukum minimal 3 tahun.

 

“Ini merupakan perubahan lanjutan, sebelumnya penerima hibah itu harus berbadan hukum, sekarang badan hukumnya harus sudah terdaftar minimal tiga tahun. Berarti yang bisa dibantu yang surat keterangan badan hukumnya terbit 2013,” kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Bekasi Suhup, beberapa waktu lalu.

 

Perubahan tertuang pada Pasal 7 Ayat 2 (A) yang berbunyi penerima hibah telah terdaftar pada kementerian yang membidangi urusan hukum dan hak asasi manusia paling singkat tiga tahun, kecuali ditentukan lain oleh peraturan perundang-undangan. Selain itu pada huruf (C), penerima hibah harus memiliki secretariat tetap di daerah yang bersangkutan.

 

Suhup mengatakan, berdasarkan aturan tersebut, bukan tidak mungkin pengecekan akan dilakukan terhadap pihak yang mengajukan hibah.

 

“Karena dari aturan tersebut harus jelas penerimanya. Ada bangunannya, sekretariatnya dan alamatnya agar tidak fiktif,” kata dia.

 

Perubahan aturan ini, diakui Suhup, bakal menurunkan jumlah penerima. Karena rata-rata pihak yang kini mengajukan proposal hibah baru terdaftar sekitar setahun.

 

“Rata-rata SK badan hukumnya 2015, dipastikan bakal sulit dibantu. Kemudian kalau ada pertanyaan bisa dijembatani melalui peraturan bupati atau tidak, itu tidak bisa karena aturannya pusat,” kata dia. [dam/gob]

 

Sumber:

http://gobekasi.pojoksatu.id/2016/05/29/tahun-ini-bakal-banyak-proposal-hibah-ditolak-pemkab-bekasi/

Pos ini dipublikasikan di Pemerintahan, Sosial dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s