Dirwan Dachri : Lahan Fasos Fasum Harus Bisa Dimanfaatkan

Dirwan Dachri : Lahan Fasos Fasum Harus Bisa Dimanfaatkan

Written By Nonstop Bekasi on Selasa, 07 Juni 2016 | 20.40

 

NONSTOP, BISA – Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bekasi menghimbau kepada para pengembang perumahan di wilayah Kabupaten Bekasi agar bisa memanfaatkan lahan fasilitas sosial (Fasos) dan Fasilitas Umum (Fasum) yang ada di perumahan. Karena dirinya menilai banyak fasos fasum di sejumlah perumahan di Kabupaten Bekasi terlantar, sehingga terkesan kumuh.

“Iya memang sering kita melihat, fasos fasum yang ada di perumahan banyak yang terlantar alias tidak dimanfaatkan oleh siapapun, sehingga terkesan kumuh,” ungkap Dirwan Dachri, Kepala BPN Kabupaten Bekasi yang ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Padahal, kata dia, daripada tidak dimanfaatkan, lebih baik lahan tersebut digunakan para pedagang kaki lima (PKL) untuk menjajakan dagangannya di lahan fasos fasum tersebut. “Kan sayang kalau tidak dimanfaatkan. Bakal mubazir,” jelas Dirwan.

Sebelum memanfaatkan lahan tersebut, kata Dirwan, para PKL akan dibina dulu. Namun, lanjutnya, perlu melakukan koordinasi terlebih dahulu ke pemerintah daerah setempat dalam hal ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi. Namun, katanya, jangan merusak tatanan yang sudah ada.

“Ya harus dikoordinasikan dulu ke Pemkab Bekasi dalam pemanfaatan lahan fasos-fasum di perumahan itu. Nantinya lahan fasos fasum tersebut kita akan dijadikan sentra perdagangan kaki lima. Namun jangan merusak tatanan yang sudah ada dalam penataan fasos fasum di perumahan tersebut,” paparnya.

Menurut Dirwan, saat ini pihaknya selaku BPN berhak menentukan pemanfaatan dari pada fasos fasum tersebut sesuai instruksi Menteri Agraria dan Tata Ruang. “Fasos fasum bisa digunakan untuk kegiatan usaha, tapi nanti ada aturan penggunaannya,” pungkasnya. (BUD)

 

Sumber:

Non Stop Bekasi

Pos ini dipublikasikan di Fasilitas Umum, Pemerintahan dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s