Pendatang Baru di Bekasi Incar 4 Kecamatan Ini

Pendatang Baru di Bekasi Incar 4 Kecamatan Ini

Selasa, 12 Juli 2016 | 16:02 WIB

 

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi melakukan penelusuran bagi pendatang baru. Diperkirakan, pendatang baru bakal menyasar empat kecamatan potensial di Kabupaten Bekasi yakni Tambun Selatan, Cibitung, Cikarang Barat, dan Cikarang Selatan.

 

Kepala Disdukcapil, Ali Syahbana mengatakan, Kabupaten Bekasi menjadi magnet bagi masyarakat daerah lantaran dikenal sebagai kota industri. Oleh sebab itu, banyak masyarakat yang ingin mengadu nasib di Bekasi.

 

Lanjut dia menegaskan, Pemda Kabupaten Bekasi tak dapat melarang bagi siapa pun yang hendak menetap di Bekasi. “Kita sedang menelusuri pendatang baru yang datang ke Kabupaten Bekasi, Pemkab Bekasi sendiri tidak bisa melarang pendatang baru yang masuk ke wilayah kabupaten bekasi untuk mencari kerja di kawasan yang ada,” katanya, Senin (11/7).

 

Dia mengungkapkan, tiap tahun Kabupaten Bekasi diserbu pendatang baru yang ingin mengadu nasib. Bahkan ada empat titik wilayah pantauan yang dominan menjadi tempat singgahan pendatang baru. Empat tempat tersebut di antaranya Tambun Selatan, Cibitung, Cikarang Barat, dan Cikarang Selatan yang berdekatan dengan sentral industri.

 

Disdukcapil, lanjutnya, tetap akan menerapkan bagi pendatang baru untuk melengkapi dokumen tinggal apabila ingin mencari pekerjaan maupun pindah domisli. Tentunya hal itu dilakukan dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan.

 

Salah satu syarat yang perlu dilengkapi adalah surat keterangan daerah asal, dan diajukan ke wilayah masing-masing kecamatan di mana nantinya bertempat tinggal.

 

“Kita pantau empat wilayah menjadi tujuan bagi pendatang baru, dianggap potensial wilayahnya menjadi magnet tiap tahunnya bagi pendatang dari luar Kabupaten Bekasi,” jelasnya.

 

Diprediksi di tahun 2016 ada peningkatan jumlah penduduk. Oleh karenanya, dirinya mengimbau bagi masyarakat setelah pulang mudik tidak menbawa sanak famili. Dikhawatirkan, jika tidak memiliki keahlian maupun keterampilan khusus akan menjadi beban baru bagi warga setempat.

 

“Saya mengimbau agar masyarakat yang seusai pulang mudik tidak membawa rekan, jika ingin kemari sebaiknya sudah mempersiapkan diri dengan keahlian atau keterampilan khusus,” tutupnya. [cr34/rbs/gob]

 

Sumber:

http://gobekasi.pojoksatu.id/2016/07/12/pendatang-baru-di-bekasi-incar-4-kecamatan-ini/

Pos ini dipublikasikan di Sosial dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s