Pemerintah Kabupaten Bekasi Digugat 37 Kali

Pemerintah Kabupaten Bekasi Digugat 37 Kali

Jul 16, 2016

 

Bekasi, Bekasiurbancity.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi dilaporkan sebanyak 37 kali ke Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat. Puluhan laporan itu secara umum soal sulitnya mendapat informasi publik dari instansi yang bersangkutan.

 

Diberitakan pojokjabar.com, dinas yang paling banyak dilaporkan adalah Dinas Pendidikan dan Dinas Bina Marga Pengelolaan Sumber Daya Air (DBMPSDA). Informasi yang dilaporkan kebanyakan mengenai anggaran di tiap program kerja, baik dalam bentuk kegiatan maupun pengadaan.

 

“Jadi pemohon mengajukan permohonan informasi ke pemda atau ke dinas tertentu. Namun ketika permohonan informasi itu tidak ditanggapi atau jawaban dari dinas dinilai sesuai yang diinginkan, maka pemohon informasi ini mengajukan sengketa informasi melalui Komisi Informasi,” kata Kabag Humas Pemkab Bekasi, Yanyan Akhmad.

 

Badan publik yang diminta informasi wajib memberikan informasi selambat-lambatnya sepuluh hari kerja sejak permohonan diterima. Yanyan mengungkapkan, secara keseluruhan informasi yang dimohon telah dipenuhi oleh SKPD. Namun, beberapa informasi belum dapat disampaikan karena belum terdokumentasikan.

 

Sementara itu, Kasubbag Humas Pemkab Bekasi Yanwar menambahkan, 27 dari 37 gugatan sudah mencapai putusan sidang. Komisi Informasi Jawa Barat memutuskan gugatan tersebut diselesaikan melalui mediasi. Gugatan ini berkaitan dengan permohonan penggunaan anggaran dalam berbagai proyek pembangunan infrastruktur di sejumlah dinas.

 

“Kalau di Dinas Bina Marga itu pembangunan fisik jalan kemudian jembatan. Kemudian Dinas Tata Ruang seperti proyek bangunan kemudian MCK. Serta ada beberapa juga dari Dinas Kesehatan,” ujar Yanwar.

 

“Jadi tidak ada yang sampai ajudikasi dan kami berharap jangan sampai. Sedangkan yang sepuluh gugatan lainnya belum sampai pada sidang karena baru masuk laporannya,” tambahnya.

 

Dikatakan Yanwar, terjadi peningkatan jumlah gugatan pada periode pertama tahun ini. Pada 2015 lalu, kata dia, terdapat 27 gugatan namun 15 di antaranya digugurkan oleh Komisi Informasi.

 

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, setiap orang berhak memperoleh informasi publik dari badan publik di luar informasi yang dikecualikan. Informasi diperoleh melalui permohonan lisan maupun tulisan.

 

Chadhira Ufiyani

 

Sumber:

http://www.bekasiurbancity.com/pemerintah-kabupaten-bekasi-digugat-37-kali/

Pos ini dipublikasikan di Pemerintahan dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s