Idham: Ada Ribuan Pendukung Calon Independen Tak Terdaftar di DPT

Idham: Ada Ribuan Pendukung Calon Independen Tak Terdaftar di DPT

Thursday 18 August 2016 21:21

 

Sabekasi.com, Cikarang Pusat  –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi melakukan rapat bersama dengan Komisi 1 DPRD Kabupaten Bekasi, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kab. Bekasi di gedung DPRD, Cikarang Pusat, Kamis, (18/8).

 

“Kami diundang rapat oleh Komisi 1 DPRD untuk mempresentasikan progress kinerja penyelenggaraan Pilkada Kabupaten Bekasi 2017,” kata Ketua KPU Kab. Bekasi, Idham Holik kepada sabekasi.com.

 

Pada kesempatan tersebut, Idham menyampaikan hasil verifikasi administrasi dan analisis dukungan ganda kedua bakal pasangan calon independen dalam Pilkada Kab. Bekasi 2017, khususnya hasil pencocokan dan penelitian data terhadap Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilpres 2014 di Kab. Bekasi dengan menggunakan aplikasi Sistem Pencalonan (Silon).

 

Idham menyebutkan bahwa pihaknya telah mendapati ada sebanyak 37.486 pendukung yang tidak terdaftar dalam DPT Pilpres tersebut. “Ada sebanyak 16.660 orang pendukung bakal pasangan calon perseorangan Obon Tabroni – Bambang Sumaryono yang tidak terdaftar di DPT dan ada sebanyak 20.825 orang pendukung bakal pasangan calon perseorangan Iin Farihin – KH. Mahmud yang tidak terdaftar di DPT,” ungkapnya.

 

Pihaknya juga menyampaikan kepada kepala dinas Disdukcapil tentang ketentuan yang terdapat pada pasal 20A ayat 1 dan 2 peraturan KPU RI Nomor 5 tahun 2016 tentang perubahan atas peraturan KPU RI nomor 9 tahun 2015 tentang pencalonan pemilihan Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan atau Walikota dan Wakil Walikota.

 

Berdasarkan ketentuan tersebut, pihaknya meminta kepala Disdukcapil untuk dapat memberikan klarifikasi terhadap data sesuai dengan ketentuan yang terdapat dalam pasal 20A ayat 1 dan 2 peraturan KPU nomor 5 tahun 2016 tersebut dituangkan dalam formulir BA.3.1-KWK independen. “kami meminta formulir tersebut sudah dapat diisi paling lambat 20 Agustus 2016 pukul 16:00 WIB,” ucap Idham.

 

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan waktu pelaksanaan penelitian administrasi dan analisis dukungan ganda bakal pasangan calon independen berdasarkan peraturan KPU Nomor 4 tahun 2016 tentang tahapan, program dan jadwal pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati sera Walikota dan Wakil Walikota yaitu pada tanggal 7-20 Agustus 2016.

 

Saat ini, pihaknya sedang menunggu file Data Penduduk Potensial Pemilih Pilkada dari Kementerian Dalam Negeri. (Fad)

 

Sumber:

http://sabekasi.com/news/detail/2/1091/Idham:-Ada-Ribuan-Pendukung-Calon-Independen-Tak-Terdaftar-di-DPT

Pos ini dipublikasikan di Politik dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s