Warga Bantargebang Minta Kenaikan “Uang Bau”

Warga Bantargebang Minta Kenaikan “Uang Bau”

Rabu, 24 Agustus 2016 — 8:37 WIB

 

BEKASI (Pos Kota) – Warga sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Bantargebang, Kota Bekasi, mengharapkan janji Pemprov DKI akan kenaikan ‘uang bau’. Selain naik besaran menjadi Rp 500 ribu/termin, juga jumlah penduduk bertambah sekitar 3000 KK.

 

Permintaan ini sudah beberapa kali disampaikan ke Pemkot Bekasi melalui Camat Bantergebang, Asep Gunawan, karena jatuh tempo sudah dekat yakni September nanti. Konon, besaran ini sudah disetujui pihak DKI Jakarta dan sudah diteruskan ke Pemkot Bekasi maupun Pemprof DKI Jakarta.

 

“Memang sudah disampaikan DKI kepada warga. Tetapi belum ada tindaklanjutnya. September nanti jatuh temponya. Semoga lancar sehingga warga bisa lega,” kata Asep Gunawan, Selasa (23/8).

 

Disebutkan, kenaikan jumlah pemohon ini sudah disampaikan. Tadinya jumlah warga 15.000 ribuan, dan saat pembayaran termin ini diminta naik 3.000 kk. Mereka warga di sekitar TPA yang berada di tiga desa, yakni Desa Ciketing Udik, Sumur Batu dan Cikiwul. Usulan kenaikan jumlah warga ini menjadikan permohonan menjadi 18.000 KK.

 

Camat juga menyebutkan usulan kenaikan uang kompensasi atau dikenal ‘uang bau’ dari Rp 300 ribu menjadi Rp 500 ribu per termin (3 bulan) dibanding sebelumnya. “Tapi pembagiannya belum diatur,” katanya.

 

Besaran kompensasi ini terbagi menjadi uang bau masing-masing KK, sarana fisik dan sosial.

 

Bahkan, warga sesuai usulan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) setempat, diusulkan Rp 900 ribu. Hal ini pembagiannya untuk KK Rp 600 ribu, dan Rp 200 ribu untuk pembangunan fisik dan sisanya untuk sosial.

 

Walikota Bekasi Rahmat Effendi, mengatakan jika usulan itu memang belum dijawab. “Khan MoU nya baru diproses, jadi belum bisa disampaikan,” katanya usai pembukaan MTQ Tingkat Kota Bekasi. (chotim)

 

Sumber:

http://poskotanews.com/2016/08/24/warga-bantargebang-minta-kenaikan-uang-bau/

Pos ini dipublikasikan di Lingkungan dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s