Utang Jamkesda Pemkab Bekasi Capai Rp11,2 Miliar

Utang Jamkesda Pemkab Bekasi Capai Rp11,2 Miliar

Senin, 29 Agustus 2016 | 09:53 WIB

 

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Bekasi memiliki utang Jamkesda di beberapa rumah sakit swasta dan rumah sakit daerah sebesar Rp11,2 miliar. Dari jumlah tersebut, sebesar Rp9,2 miliar di antaranya utang di rumah sakit swasta serta pemerintah pusat, dan sisanya utang di RSUD Kabupaten Bekasi.

 

Kasi Pelayanan Kesehatan Khusus pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Masrikoh, membenarkan jumlah utang pemerintah daerah. Kata dia, pihaknya sudah mengalokasikan anggaran di Anggaran Belanja Tambahan (ABT) 2016 untuk membayar utang dan meng-cover pembiayaan Jamkesda.

 

“Utang Rp11,2 miliar itu sudah diaudit oleh BPK dan rencananya dibayar tahun ini semuanya, baik utang yang di rumah sakit swasta dan juga pemerintahan,” katanya.

 

Dikatakan Masrikoh, pada tahun ini Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi mencatat ada sebanyak 468 ribu penerima Jamkesda berdasarkan by name by address. Namun, kata dia, data tersebut akan terus bertambah seiring dampak dari perekonomian saat ini.

 

“Kan data bisa saja fluktuatif, makanya bila datanya sudah sesuai akan diperbubkan kembali jumlah penerima Jamkesda, tapi Jamkesda di kita sudah terintegrasi semuanya dengan rumah sakit,” ucapnya.

 

Terpisah, Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi, Dede Iswandi, menilai adanya utang Jamkesda di sejumlah rumah sakit pertanda perencanaan yang salah. Karena kata dia, pada APBD murni tidak ada anggaran yang dialokasikan untuk pembayaran Jamkesda.

 

“Jadi ini memang masalah pada sebelumnya yang tidak menganggarkan untuk pembayaran Jamkesda pada APBD murni alasannya keselip, makanya kemarin KUA-PPAS kita bahas dan masuk pada ABT tahun 2016 ini untuk pembayarannya,” tuturnya.

 

Agar tidak muncul utang di tahun-tahun berikutnya, sambung Dede, komisi IV juga meminta agar dialokasikan anggaran untuk meng-cover Jamkesda. Dengan demikian, ia yakin pemerintah daerah tidak akan memiliki utang serupa di rumah sakit.

 

“Kalau nggak salah biaya cover-nya hingga Desember hampir Rp10 miliar dan ini dirasa cukup melihat tren masyarakat Kabupaten Bekasi yang banyak membutuhkan Jamkesda,” ungkapnya. (dho/rbs/gob)

 

Sumber:

http://gobekasi.pojoksatu.id/2016/08/29/utang-jamkesda-pemkab-bekasi-capai-rp112-miliar/

Pos ini dipublikasikan di Pemerintahan, Sosial dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s