Pemkot Bekasi Tak Sanggup Gratiskan Biaya Sekolah

Pemkot Bekasi Tak Sanggup Gratiskan Biaya Sekolah

Monday 29 August 2016 22:11

 

Sabekasi.com, Bekasi Selatan – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi hingga kini belum menggratiskan biasa sekolah. Padahal, berdasarkan undang-undang pendidikan diwajibkan seluruh pemerintah daerah membiayai sekolah gratis bagi warganya.

 

Menurut Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, keuangan Pemkot Bekasi tidak mencukupi untuk menggratiskan sekolah. “Kita mengakui bahwa Kota Bekasi sampai saat ini belum mampu wujudkan pendidikan gratis karena minimnya keuangan daerah,” ungkap Rahmat, Senin (29/8).

 

Dijelaskan Rahmat, alokasi dana APBD untuk sektor pendidikan saat ini mencapai 28 persen. Pihaknya juga sudah memberikan subsidi siswa sekolah negeri rata-rata 100 ribu rupiah per siswa setiap bulan selama setahun.

 

“Anggaran 28 persen APBD belum cukup, karena besarnya keperluan dana untuk mewujudkan pendidikan yang ideal,” sambung Rahmat.

 

Akibat hal tersebut, sejumlah sekolah melakukan penarikan uang kepada orang tua murid. Uang tersebut untuk menalangi berbagai pengeluaran rutin sekolah manakala subsidi yang dikucurkan pemerintah belum cair.

 

“Kalau komite sekolah yang minta (uang) dan dirapatkan bersama orang tua, itu sah saja. Tapi sekolah yang sudah digratiskan tidak boleh langsung melakukan penarikan uang dari orang tua siswa,” pungkas Rahmat. (Rsp)

 

Sumber:

http://sabekasi.com/news/detail/5/1128/Pemkot-Bekasi-Tak-Sanggup-Gratiskan-Biaya-Sekolah

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s