Desa Wanajaya Bekasi Masuk Nominasi Nasional

Desa Wanajaya Bekasi Masuk Nominasi Nasional

Sep 14, 2016

 

Bekasi, Bekasiurbancity.com – Dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat 2016. Desa Wanajaya di Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, masuk dalam nominasi juara tingkat nasional untuk kategori pemanfaatan hasil tanaman obat keluarga (Toga) dalam Lomba PKK Tim Penggerak Pusat.

 

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Bekasi, Encep S Jaya, mengatakan masyarakat lebih suka menanam pohon hias. “Untuk mengubahnya memerlukan proses dan contoh sukses dulu,” katanya, di Bekasi, Senin (12/09/2016).

 

Namun warga Wanajaya, utamanya di RW 11, sejak 2014 menanam Toga di pekarangannya. Desa berpenduduk 46.471 jiwa itu kini memiliki lebih dari 100 jenis tanaman obat.

 

Menurut Encep, partisipasi warga terbagi dalam sejumlah kelompok Dasa Wisma yang dibina oleh Tim Penggerak PKK, BPPKB, dan juga didukung oleh semua instansi terkait di Kabupaten Bekasi.

 

Dilansir dari pikiran-rakyat.com, Bupati Neneng Hasanah Yasin mendukung kegiatan pemanfaatan Toga. Sebab selain bernilai ekonomi juga berkontribusi terhadap tingkat kesehatan warga, sekaligus menjaga kelestarian lingkungan. “Warga lebih sehat karena juga mengkonsumsi hasil Toganya.”

 

Berkat Toga, kini warga Wanajaya bekerja sama dengan LPPM STIE Pelita Bangsa, IIDI Kabupaten Bekasi, beberapa perusahaan swasta seperti Kampoeng Jamu Martha Tilaar, RS Karya Medika, CV Daun Mas, juga menjadi mitra.

 

Produk Toga warga RW 011 yang telah sukses secara komersial di antaranya adalah kunyit asam, teh serei, beras kencur, dan lain lain.

 

Empat daerah lain di Jawa Barat yang masuk nominasi nasional adalah Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Tapos, Kota Depok, untuk kategori PKDRT. Keluarah Kedunghalang, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, untuk kategori UP2K.

 

Lalu Kelurahan Langensari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, untuk kategori Hatinya PKK. Kelurahan Cipadung Kidul, Kecamatan Penyieukan, Kota Bandung, untuk kategori pemanfaatan hasil Toga.

 

Sumber:

http://www.bekasiurbancity.com/desa-wanajaya-bekasi-masuk-nominasi-nasional/

Pos ini dipublikasikan di Lingkungan dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s