Pembebasan Lahan Tol Cimaci Alami Peningkatan 20 Persen

Pembebasan Lahan Tol Cimaci Alami Peningkatan 20 Persen

By admin –

Sep 19, 2016

Tahtabekasi.com-Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bekasi terus menggeber percepatan pembebasan lahan Tol Cimanggis-Cibitung (Cimaci). Kepala Kantor BPN Kab Bekasi, Dirwan Andi Dachrie mengungkapkan bahwa sekarang pembebasan lahan sudah masuk desa cijengkol untuk musyawarah harga.

 

“Kemarin sudah ada 15 warga yang sudah setuju tanahnya di bebaskan untuk nilai ganti ruginya ada sekitar 21 miliar. namun banyak juga warga minta itu untuk di tinjau ulang harga yang di tentukan kantor jasa penilai publik (KJPP) atau Appreisal,” ujarnya di wawancarai di ruang kerjanya‎.

 

Dikatakan Dirwan, Pihaknya akan melakukan perbaikan-perbaikan terkait kekurangan dalam pembebasan ganti rugi lahan sehingga masyarakat bisa menerimanya. bahwa lahan yang di nilai sudah di tentukan oleh KJPP atau Apreisal yang mana harus di sampaikan kepada masyarakat cijengkol tetapi desa-desa lain juga tetap jalan.

 

Desa lain juga tetap dilakukan dengan daftar nominatif, bahkan sekarang sedang dilakukan perbaikan oleh kantor jasa penilai publik (KJPP). tim apreisal lah yang betul-betul menilai cek fisiknya berupa bangunan, tanaman, termasuk didalamnya soal sudah di sertifikatkan atau belumnya bangunan tersebut dan juga masa tunggu yang masuk dalam penilaian juga.

 

“KJPP telah melakukan perbaikan terhadap nilai ganti lahan yang mana di sesuai kan berupa bangunan, tanaman, sertifikat dan masa tunggu,”ucapnya.

 

Untuk lahan milik Pemerintah Kabupaten Bekasi yang terkena pembebasan tol cimaci, tim apreisal tengah mencari lahan pengganti yang harganya di sesuaikan dengan nilai harga aset yang dibebaskan. persentase dari pembebasan lahan tol cimaci lumayan sudah mengalami peningkatan diatas 20 persen.Untuk nilai harga dalam pembebasan lahan untuk kepentingan umum di berikan nilai sewajarnya, karena sebagai panitia dirinya hanya menyambungkan aspirasi keinginan warga dengan KJPP.

 

Dirwan menambahkan bahwa dirinya sangat memohon kepada teman-teman media untuk memberikan informasi kepada masyarakat bahwa pembebasan lahan untuk kepentingan umum agar betul betul di bantu. Pemerintah dalam hal ini sambung Dirwan, dirinya hanya pelaksana yang melihat secara realistis atau tidak realistisnya harga pembebasan lahan yang di nilai KJPP.

 

“Kalau harganya realistis sudah pasti realistis juga, karena dalam hal ini Pemerintah tidak punya banyak uang dan rakyat minta banyak sehingga kita pertemukan dengan tim independent. Warga dalam hal pembebasan mematok harga 7 juta per meter, padahal sudah ada survei dari tim apreisal dimana harganya berkisar antara 2.5 juta per meter, bahkan ada yang nilainya 500-700 ribu per meter. Ketika Kjjp menentukan itu, dirinya tidak bisa melompati aturan yang ada di UU,” pungkasnya.(dje)

 

Sumber:

http://tahtabekasi.com/pembebasan-lahan-tol-cimaci-alami-peningkatan-20-persen/

Pos ini dipublikasikan di Fasilitas Umum, Pembangunan dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s