Disdukcapil Kabupaten Bekasi Kekurangan 60.000 Blanko E-KTP

Disdukcapil Kabupaten Bekasi Kekurangan 60.000 Blanko E-KTP

Selasa, 4 Oktober 2016 | 19:38 WIB

 

PENCETAKAN Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kabupaten Bekasi ternyata tak berjalan sebagaimana mestinya. Ketika proses perekaman terus dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), blangkonya malah tak habis. Kepala Disdukcapil (Kadisdukcapil) Ali Syahbana mengatakan, e-KTP tidak bisa dicetak karena blangko habis. Ali mengaku telah meminta penambahan blangko, namun jumlahnya kurang dari yang dibutuhkan.

 

Padahal, kata dia, Kabupaten Bekasi bakal menggelar Pilkada pada 2017. Salah satu syarat seseorang memiliki hak pilih di pesta politik lima tahunan ini yakni memiliki e-KTP.

 

“Kami permintaannya itu 65.000 blangko, tapi yang ada cuma 5.000 blangko,” ujarnya kepada GoBekasi, Selasa (4/10/2016).

 

“Itu juga harus kami ambil sendiri ke pusat. Jadi sekarang banyak yang sudah terekam tapi e-KTP-nya tidak bisa diproses karena tidak ada blangko. Yang sudah terekam itu sekitar 65.000 orang, yang baru dicetak 5.000 jadi hutangnya masih sekitar 60.000,” sambungnya.

 

Dia menerangkan, kondisi ini rupanya terjadi juga di berbagai daerah lain. “Saya coba tanya ke beberapa daerah lain sama, jadi masih banyak yang belum dicetak,” terangnya.

 

Ali menambahkan, jumlah ‘hutang’ e-KTP itu bukan tidak mungkin terus bertambah.  Karena, selain yang telah melakukan perekaman, terdapat juga masyarakat yang tidak memiliki e-KTP padahal sudah berusia 17 tahun atau sudah menikah.

 

Berdasarkan data Disdukcapil, penduduk Kabupaten Bekasi mencapai 3.110.529 jiwa. Sebanyak 2.140.970 jiwa di antaranya dalam wajib KTP. Hanya saja, dari jumlah tersebut, 436.919 jiwa lainnya tidak memiliki e-KTP.

 

Pihaknya kini tengah mendorong masyarakat agar segera merekamkan data kependudukannya meski blangko tersedia. Alasannyan karena masih banyak masyarakat yang tidak beridentitas padahal mendekati Pilkada.[cr27/gob]

 

Sumber:

http://gobekasi.pojoksatu.id/2016/10/04/disdukcapil-kabupaten-bekasi-kekurangan-60-000-blanko-e-ktp/

Pos ini dipublikasikan di Pemerintahan dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s