Pembangunan Bakal Merata, Wakil DPRD Setuju Cikarang Jadi Kota

Pembangunan Bakal Merata, Wakil DPRD Setuju Cikarang Jadi Kota

Selasa, 11 Oktober 2016 | 15:15 WIB

 

WAKIL Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Jejen Sayuti, mendukung jika Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyetujui usulan DPD RI agar Cikarang masuk dalam DOB (Daerah Otonom Baru) agar bisa mandiri menjadi kota.

 

Usulan ini muncul beberapa waktu lalu saat DPD RI mengajukan 172 daerah se-Indonesia agar dijadikan DOB ke Kemendagri. Nama Cikarang sendiri terdiri dari lima kecamatan (Cikarang Selatan, Cikarang Timur, Cikarang Barat, Cikarang Pusat dan Cikarang Utara).

 

Usulan DPD RI ke Kemendagri mendapat dukungan dari Jejen, yang juga salah satu tokoh Cikarang. “Itu (jika Cikarang mandiri menjadi kota, Red) cocok. Saya mendukungnya,” ujar Jejen kepada GoBekasi, Selasa (11/10/2016).

 

Sebab, terang Jejen, kajian dari pekerjaan ini pasti menghitung apakah induknya yaitu Kabupaten Bekasi balap kolaps atau tidak. Kalau tidak kolaps, maka Cikarang ini sudah layak Dimekarkan menjadi kota mandiri.

 

Penilaian Jejen sendiri pemekaran tersebut bisa saja terjadi. Sebab wilayah Cikarang ini berdiri ribuan perusahaan hingga disebut memiliki kawasan industri terbesar se-Asia Tenggara.

 

“Kalau toh memang benar pisah, maka pembangunan Kabupaten Bekasi akan bergerak ke wilayah Utara. Di sana juga ada sumber minyak, jadi tetap saja Kabupaten Bekasi bisa maju pembangunannya,” bebernya.

 

Selain itu, pajak yang disetorkan dari Kabupaten Bekasi ke pemerintah pusat juga sangat besar setiap tahunnya. Hampir sekitar Rp80 triliun. Itu jika diminta 10 persennya saja sudah mencukupi untuk pembangunan di Kabupaten Bekasi dan Kota Cikarang.

 

“Nah kalau itu kita minta saja 10 persennya yaitu Rp8 triliun ditambah APBD kita saat ini saja Rp5 triliun jadi totalnya Rp13 triliun, maka Rp3 triliun itu jika dikasihkan untuk kota yang baru ini nanti sudah luar biasa,” jelasnya. [cr27/gob]

 

Sumber:

http://gobekasi.pojoksatu.id/2016/10/11/pembangunan-bakal-merata-wakil-dprd-setuju-cikarang-jadi-kota/

Pos ini dipublikasikan di Pemerintahan dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s