Empat Desa di Cikarang Pusat jadi Kawasan Industri

Empat Desa di Cikarang Pusat jadi Kawasan Industri

editor: aji Jumat, 14/10/2016 | 10:12 Berita Cikarang | 96 Views | Leave a response

 

CIKARANG – Camat Cikarang Pusat Endin Samsudin mengatakan, lahan pertanian di Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi hanya tersisa sekitar 1000 hektar akibat alih fungsi lahan menjadi industri dan perumahan.

 

Dengan berkembangnya wilayah Cikarang Pusat menjadi Ibukota Kabupaten Bekasi, mendorong sebagian lahan diubah menjadi industri dan perumahan.

 

“Dari 6 Desa yang ada, 4 diantaranya Cicau, Pasir Ranji, Sukamahi, dan Jayamukti sudah berubah menjadi industri. Sementara Hegarmukti dan Pasirtanjung masih ada lahan pertaniannya,” katanya.

 

Meski begitu lahan pertanian yang ada tidak seutuhnya bisa dimaksimalkan karena kepemilikannya telah berubah menjadi milik pengembang.

 

“Dengan beralih fungsinya lahan tersebut, maka ada untung ruginya dimana warga yang memiliki kompetensi bisa bekerja di industri, sementara ketahanan pangan makin mengkhawatirkan akibat alih fungsi lahan,” ujarnya.

 

Endin menambahkan, untuk sumber daya manusia di wilayah Cikarang Pusat agar bisa terjun ke dunia industri memang masih perlu ada penambahan keterampilan.

 

“Oleh sebab itu balai latihan kerja sudah dibentuk dan akan mulai berjalan guna menambah keterampilan bagi warga Cikarang Pusat,” jelasnya.

 

Dengan adanya industri juga banyak warga yang dulunya petani beralih pekerjaan menjadi pedagang dan pengelola limbah industri.

 

Sumber:

http://beritabekasi.co.id/2016/10/empat-desa-di-cikarang-pusat-jadi-kawasan-industri/

Pos ini dipublikasikan di Dunia Usaha, Lingkungan dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s