KPU Kabupaten Bekasi Usulkan Dana Kampanye Maksimal Rp58 Miliar

KPU Kabupaten Bekasi Usulkan Dana Kampanye Maksimal Rp58 Miliar

Senin, 17 Oktober 2016 | 10:13 WIB

 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi mengusulkan kepada para tim sukses (Timses) Pasangan Bakal Calon Kepala Daerah (Balonkada) yang akan menjadi peserta Pilkada 2017 agar membatasi dana kampanye.

 

Hal itu terungkap saat KPU melakukan rapat koordinasi dengan 5 timses pasangan Balonkada di Ruang Rapat Kantor KPU Kabupaten Bekasi, Jalan Raya Rengasbandung, Kecamatan Kedungwaringin, Minggu Sore (16/10/2016).

 

Dalam rapat itu KPU memperlihatkan salah satu contoh simulasi KPU RI dalam bentuk tabel terkait pelaporan dana kampanye dengan ajuan maksimal Rp58 miliar. Dalam tabel itu tercantum anggaran untuk rapat umum, pertemuan terbatas, pertemuan tertutup, alat peraga kampanye, bahan kampanye dan lain sebagainya.

 

Namun, ajuan tersebut belum disepakati semua timses pasangan Balonkada. Hingga akhirnya, rapat pun dipending dan akan dilanjut kembali sebelum penetapan Balonkada menjadi Calkada pada tanggal 24 Oktober 2016.

 

Termasuk terkait jumlah peserta kampanye sebanyak 3000 orang setiap rapat umum juga belum sepakat untuk dibatasi. “Dalam regulasinya kampanye rapat umum harus dibatasi,” ujar Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Idham Kholik kepada GoBekasi.

 

“Karena semangat di aturan itu menginginkan agar praktik kampanye tersebut seperti ditegaskan KPU RI harus lebih banyak pesertanya itu pada pertemuan tetap muka serta dialog terbatas,” sambungnya.

 

Sebab, terang Idham, agar visi misi dan program yang ditawarkan para pasangan calon itu dapat tereksplorasi dengan baik oleh para konstituen (para peserta kampanye). “Hal itu mengapa rapat terbatas dan dialog terbuka tidak dibatasi jumlah massanya. Agar terjadi dialogis,” terangnya.

 

Idham menambahkan, hal ini harus dilakukan saat kampanye karena pihaknya ingin membentuk atmosfir politik pemilih yang rasional. “Jadi orang itu memilih karena pertimbangan program, dan visi misi calon. Bukan karena persoalan yang lain,” tambahnya.

 

Namun soal usulan keinginan para timses agar kampanye rapat umum tak terbatas, akan kembali dikoordinasikan pihaknya. “Termasuk kita akan berkonsultasi dengan pihak KPU Jawa Barat tentang batasannya berapa sih. Tapi dalam simulasi KPU RI jumlah massa batasannya ya 3000 orang,” bebernya.

 

Sementara itu terkait dana kampanye yang maksimal diajukan Rp58 miliar itu sesuai simulasi KPU RI belum final dan belum disepakati semua timses para pasangan Balonkada. “Ya kalau mereka (para timses pasangan Balonkada, Red) bersepakat dikurangi ya itu lebih baik,” katanya.

 

Jelas Idham, angka Rp58 miliar untuk dana kampanye tiap pasangan Balonkada itu baru sekadar usulan. “Hal itu juga akan kita konsultasikan ke KPU Jawa Barat selain kita koordinasikan kembali ke tim para pasangan calon. Prinsipnya kita terbuka,” jelasnya. [rez/gob]

 

Sumber:

http://gobekasi.pojoksatu.id/2016/10/17/kpu-kabupaten-bekasi-usulkan-dana-kampanye-maksimal-rp58-miliar/

Pos ini dipublikasikan di Pilkada Kab. Bekasi, Politik dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s