Sejarah Bekasi Akan Dipertimbangkan Oleh Dinas Pendidikan Jadi Mata Pelajaran

Sejarah Bekasi Akan Dipertimbangkan Oleh Dinas Pendidikan Jadi Mata Pelajaran

By redaksi

Oct 17, 2016

 

Bekasi, Bekasiurbancity.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat merespon usulan dari tokoh masyarakat agar sejarah Kabupaten Bekasi dimasukkan dalam mata pelajaran sejarah.

 

Kepala Disdik Kabupaten Bekasi, MA Supratman mengatakan usulan dari tokoh masyarakat mengenai sejarah Kabupaten Bekasi untuk masuk ke dalam mata pelajaran. Karena banyak bangunan sejarah di Kabupaten Bekasi.

 

“Saat ini banyak bangunan sejarah dan cerita tempo dulu yang berkembang di daerah setempat,” kata MA Supratman di Kabupaten Bekasi, Minggu (16/10/2016).

 

Dilansir dari wartakotamenurut Supratman cerita perjuangan pahlawan ini sudah dibuktikan dari penumpasan dan bangunan jaman dulu yang kini masih berdiri kokoh sebagai saksi bisu.

 

Untuk itu perlunya pemerintah pusat menuangkan dalam muatan sejarah, karena dirasa penting. Dewasa ini muatan sejarah yang ada tidak meruntut pada pendahulunya.

 

Salah satu sejarah Kabupaten Bekasi yang bisa masuk ke mata pelajaran sejarah adalah saat pembahasan sejarah proklamasi, dan masih banyak lagi.

 

Ia menambahkan dalam peranannya hanya sejarah yang diglobalkan saja dikarenakan pada waktu itu Jakarta dan Bekasi masih dalam teritorial yang sama, belum terpisah seperti sekarang.

 

Untuk itu perlunya pengkajian ulang dari kementerian pendidikan untuk lebih cermat dalam menilai dan menimbang sejarah Kota maupun Kabupaten Bekasi dimasukkan dalam kurikulum sejarah.

 

Ini dikarenakan perjuangan pahlawan jaman dulu banyak terjadi di Bekasi yang menjadi saksi bisu perlawanan kepada penjajah. Ini juga dilakukan guna meluruskan perjuangan yang sempat terpisah.

 

Lanjut Supratman menjelaskan pencantuman sejarah Bekasi ini guna meluruskan pengertian maupun cerita jaman dulu yang hilang.

 

Selain itu, dalam perkembangannya Kabupaten Bekasi juga menjadi kota industri yang dihuni 4000 perusahan ternama dari berbagai negara.

 

“Di Indonesia baru pertama kali ada hanya di Kabupaten Bekasi dengan jumlah penduduk lebih dari enam juta jiwa dan dibagi menjadi 23 kecamatan,” katanya.

 

Hal ini tidak luput dari perjuangan pahlawan yang gugur di Medan perang guna mempertahankan daerahnya agar tidak ditindas oleh penjajah.

 

Sumber:

http://www.bekasiurbancity.com/sejarah-bekasi-akan-dipertimbangkan-oleh-dinas-pendidikan-jadi-mata-pelajaran/

Pos ini dipublikasikan di Pendidikan dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s