Jalur Kereta DDT Manggarai-Cikarang Pertama di Indonesia

Jalur Kereta DDT Manggarai-Cikarang Pertama di Indonesia

Monday 24 October 2016 07:14

 

Sabekasi.com, Cikarang Utara – Pembangunan jalur kereta listrik DDT (double-double track) commuter line rute Manggarai – Cikarang Terus dikebut.  Saat ini, PT Len Industri (Persero) melalui anak perusahaan PT Len Railway  System (LRS) tengah membangun sistem persinyalan untuk Paket B1 DDT.

 

Menurut keterangan Manager Humas PT Len Industri (Persero) Dony Gunawan, pembangunan sistem persinyalan untuk Paket B1 DDT (double-double track) merupakan yang pertama di Indonesia. Akan dipasang pada lintasan rel Manggarai – Cikarang sepanjang 34 kilometer.

 

“Pekerjaan di paket ini berupa pembangunan sinyal double track lintas Manggarai-Cikarang,” kata Dony seperti dikutip dari Kantor Berita Antara, Senin (24/10).

 

Rencananya, jalur DDT Manggarai – Cikarang akan melewati enam stasiun besar yaitu Stasiun Manggarai, Stasiun Jatinegara, Stasiun Cakung, Stasiun Bekasi, Stasiun Tambun dan Stasiun Cikarang.

 

“Paket itu juga berarti memperpanjang atau menambah jalur operasi Kereta KRL dari Bekasi ke Cikarang,” tambahnya.

 

Menurut skema, Paket B1 akan memodifikasi sistem persinyalan SSI milik Alstom yang dipasang tahun 90-an ke sistem K5B milik Kyosan Jepang. Namun selain interlocking, hampir semua produk perkeretaapian lainnya (baik indoor maupun outdoor) menggunakan produk dalam negeri buatan PT Len Industri.

 

Perubahan double track menjadi double-double track di ruas jalur ini bertujuan untuk memisahkan kereta commuter dengan kereta antar kota. Untuk Bekasi ke arah barat, Bekasi-Jatinegara-Manggarai, adalah paket berikutnya (Paket A dan Paket B21), sehingga kapasitas angkut kereta api bisa menjadi jauh lebih banyak lagi.

 

“Dari segi keamanan juga menjadi lebih safety,” pungkas Dony. (Red)

 

Sumber:

http://sabekasi.com/news/detail/5/1385/Jalur-Kereta-DDT-Manggarai-Cikarang-Pertama-di-Indonesia

Pos ini dipublikasikan di Fasilitas Umum dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s