Jam Opersional Warnet di Bekasi Akan Dibatasi

Jam Opersional Warnet di Bekasi Akan Dibatasi

Oct 31, 2016

 

Bekasi, Bekasiurbancity.com – Warung Internet (warnet) adalah salah satu jenis wirausaha yang menyewakan jasa internet kepada khalayak umum. Di Bekasi sendiri jumlah warnet sangat banyak, hampir disetiap sudut wilayah pasti ada satu atau lebih warnet berdiri. Biasanya warnet tak sekedar menyediakan jasa internet saja, namun juga penyewaan untuk bermain game di komputer, maka tak heran kalau warnet selalu ramai, kebanyakan dari pengguna warnet adalah anak – anak.

 

Sayangnya keberadaan warnet juga sering disalahgunakan oleh penggunannya, banyak pengguna yang rata – rata pelajar menjadikan warnet sebagai tempat untuk membolos sekolah atau menjadikan warnet tempat untuk nongkrong.

 

Banyaknya keluhan dari masyarakat membuat Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, akan mengeluarkan aturan pembatasan jam operasional warung internet atau warnet.

 

“Aturan itu perlu dibuat mengingat keleluasan jam operasional, warnet kerap dijadikan tempat nongkrong anak-anak dan remaja sehingga memicu kejadian kiriminalitas ataupun hal-hal negatif lainnya,” kata Kepala Diskominfo Kabupaten Bekasi, Hudaya di Kabupaten Bekasi, Minggu (30/10/2016).

 

Dilansir dari beritasatu.com, Hudaya mengatakan pembatasan jam operasional warung internet ini dimaksudkan untuk menekan tindak kejahatan yang kerap kali digunakan sebagai pemanfaatan hal-hal negatif.

 

Dengan perizinan warnet buka 24 jam per hari, tingkat kriminalitas semakin tinggi, pemanfaatan untuk hal-hal yang negatif juga tinggi jadi penting untuk dibuat aturannya.

 

Pembuatan aturan pembatasan itu memerlukan kajian terlebih dahulu dengan anggota DPRD Kabupaten Bekasi, lalu melaksanakan studi banding ke daerah lain yang sudah menerapkan aturan tersebut.

 

Ia menambahkan, perlu dikaji pula konten web mana yang diperbolehkan untuk diakses di warnet, mengunci konten negatif, misalnya pornografi. Pembatasan jam operasional harus tepat sasaran, katanya. Sementara itu seorang pemilik warnet di Cikarang Baru, Yudi mengaku keberatan jika aturan tentang pembatasan jam operasional warnet diterapkan.

 

Menurut dia, pembatasan jam operasional, dipastikan akan mengakibatkan penurunan pendapatan warnet, karena jam-jam ramai justru pukul 19.00 WIB sampai larut malam.

 

“Kalau jamnya dibatasi, pasti omzetnya ikut menurun juga,” katanya.

 

Sumber:

http://www.bekasiurbancity.com/jam-opersional-warnet-di-bekasi-akan-dibatasi/

Pos ini dipublikasikan di Dunia Usaha, Sosial dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s