Rp34 Miliar Jadi Bancakan Oknum DPPK

Rp34 Miliar Jadi Bancakan Oknum DPPK

Selasa, 8 November 2016 | 14:09 WIB

 

Kabupaten Bekasi mendapat kucuran anggaran dari APBD dan APBN sebesar Rp34 miliar. Anggaran tersebut diperuntukan ratusan kegiatan di sektor pertanian.

 

Ratusan kegiatan itu didesain sedemikian rupa agar tidak melalui proses lelang di Unit Layanan Pengadaan (ULP). Anggaran kegiatan itu dipecah menjadi kecil agar bisa melalui mekanisme Penunjukan Langsung (PL).

 

Tak ayal, anggaran kegiatan yang sudah dipecah menjadi kecil itu diduga menjadi bancakan oknum pejabat di DPPK. Caranya, oknum pejabat menawarkan kegiatan tersebut kepada rekanan dengan harga yang sudah disepakati.

 

Informasi yang beredar, rata-rata kegiatan di DPPK ditawarkan oleh oknum pejabat dengan harga 7 persen sampai 10 persen dari pagu anggaran.

 

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Bekasi, Mulyana Muhtar, mengatakan jual beli proyek atau kegiatan merupakan bentuk tindak pidana korupsi, karena sudah memotong terlebih dulu uang fee dari pagu anggaran. Kata dia, itu akan berdampak buruk pada kualitas proyek yang akan dikerjakan oleh rekanan.

 

“Makanya kita cari tahu terlebih dahulu dengan konsultasi kepada semua pihak. Karena ini sangat penting untuk disikapi, bagaimana pembangunan bisa maksimal jika dikorupsi,” bebernya.

 

Meski belum mengetahui secara pasti, komisi II berencana menindaklanjuti hal itu dengan cara berkonsultasi terlebih dulu kepada seluruh anggota komisi.

 

“Sampai saat ini kami komisi II belum tahu akan terjadinya jual beli proyek di DPPK, kalau ada temuan kita sikapi,” katanya.

 

“Kami imbau jika ada yang mengetahui akan praktik jual beli proyek di DPPK bisa segera melaporkan ke kami, sehingga bisa kami tindaklanjuti permasalahannya,” lanjutnya. (dho/rbs/gob)

 

Sumber:

http://gobekasi.pojoksatu.id/2016/11/08/rp34-miliar-jadi-bancakan-oknum-dppk/

Pos ini dipublikasikan di Pemerintahan dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s