Pemilih Non e-KTP Cukup Tunjukkan KTP/KK Lama ke PPS untuk Perekaman

Pemilih Non e-KTP Cukup Tunjukkan KTP/KK Lama ke PPS untuk Perekaman

Tuesday 22 November 2016 15:43

 

Sabekasi.com, Cikarang Utara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi kembali melakukan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi, Selasa (21/11) di Grand Cikarang Hotel pada acara Sosialisasi pendataan penduduk rentan administrasi kependudukan Kabupaten Bekasi.

 

Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Idham Holik mengatakan bahwa bagi pemilih yang tidak sempat melakukan perekaman KTP Elektronik, Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan/atau mantan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dapat membantu pemilih dalam memperbaharui data kependudukan pemilih tersebut.

 

Idham mengatakan, hal ini agar dipastikan datanya ada dalam databese kependudukan Disdukcapil Kabupaten Bekasi, sehingga sebelum atau paling lambat tanggal 4 Desember 2016, pemilih non-KTP elektronik dapat surat keterangan dari Disdukcapil Kabupaten Bekasi.

 

“Fasilitasi pembaharuan data kependudukan tersebut dapat dilakukan dengan cara meminta kepada pemilih non KTP elektronik tersebut untuk dapat menyerahkan foto copy dokumen kependudukan yang lama (KTP dan KK SIAK) kepada PPS dan/atau mantan PPDP untuk diserahkan kepada PPK,” paparnya.

 

Selanjutnya, tambah Idham, PPK berkoordinasi dengan Kasie Kependudukan Kecematan setempat untuk melakukan verifikasi atau cross check data kependudukan lama untuk diperbaharui dan dilaporkan kepada Disdukcapil. Dasar hukum tersebut, kata Idham, karena basis data penerbitan surat keterangan adalah database kependudukan.

 

“Terkait dengan hal ini, pada hari ini saya telah koordinasi dengan Kadisdukcapil dan 23 Kasie Kependudukan Kecamatan se-Kabupaten Bekasi. Mohon PPS dapat segera berkoordinasi dengan Kepala Desa/Lurah, pastikan informasi ini dapat tersampaikan pada saat Rapat Minggon di Kantor Desa/Kelurahan,” tegas Idham.

 

Selain penyelenggara Pilkada, Idham melanjutkan, kini semua level pemerintahan juga berupaya memaksimalkan himbauan kepada pemilih non KTP elektronik agar segera melakukan perekaman KTP elektronik atau memperbaharui data kependudukan. “Mohon informasi dapat segera ditindak lanjuti kepada pemilih non KTP elekronik yang sebanyak 224.343 orang atau 10,53 % dari DPS,” himbaunya.

 

Terkait dengan data pemilih non-KTP elektronik tersebut, Operator Data Pemilih (ODP) KPU Kabupaten Bekasi telah mengirimkannya melalui email ODP PPK se-Kabupaten Bekasi. “Mohon kepada Ketua PPK agar segera mendistribusikannya kepada PPS file tersebut,” pungkas Idham. (Fad)

 

Sumber:

http://sabekasi.com/news/detail/2/1545/Pemilih-Non-e-KTP-Cukup-Tunjukkan-KTP/KK-Lama-ke-PPS-untuk-Perekaman

Pos ini dipublikasikan di Pilkada Kab. Bekasi dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s