2 Tahun PT Chao Long Motor Part Langgar Perjanjian, Sinyo: Harus Fair Dong…

2 Tahun PT Chao Long Motor Part Langgar Perjanjian, Sinyo: Harus Fair Dong…

Selasa, 27 Desember 2016 | 23:39 WIB

 

KOMISI D DPRD Kabupaten Bekasi, Nyumarno akan memanggil salah satu perusahaan di Kawasan Industri Delta Silicon 1 Lippo Cikarang, Kabupaten Bekasi, PT Chao Long Motor Part Indonesia, Selasa (27/12/2016).

 

Ini terkait hak para pekerja yang tidak dipenuhi perusahaan, yakni Perjanjian Kerja Bersama Pasal 42 tentang Bonus yang diberikan setiap tanggal 20 Januari. Menurut Nyumarno, perusahaan tidak menepati perjanjian tersebut selama 2 tahun lamanya.

 

“Kami DPRD geram dengan ulah pihak perusahaan, pasalnya menurut pengaduan pekerja yang disampaikan kepada kami, sudah 2 tahun pihak perusahaan tidak menjalankan kewajibannya untuk membayarkan Bonus Akhir Tahun kepada pekerja,” kata pria yang biasa disapa Sinyo itu. Sinyo mengatakan, pihaknya telah menerima laporan terkait itu dari para buruh maupun serikat buruh.

 

“Bonus akhir tahun bagi para pekerja PT.Chaolong ini kewajiban perusahaan, karena sudah disepakati dan diperjanjikan antara pihak pengusaha dan pihak serikat pekerja dengan dituangkan dalam Perjanjian Kerja Bersama (PKB). Jika pihak pekerja ataupun pihak pengusaha tidak menjalankan salah satu isi pasal PKB, maka itu namanya pelanggaran. Sama juga saat pekerja melanggar Pasal dalam PKB, tentu perusahaan memberikan sanksi pada pekerja. Nah sekarang, harus fair dong, pengusaha juga tidak boleh melanggar atau tidak menjalankan isi Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang ada dong” tegas Sekretaris Fraksi PDIP Kabupaten Bekasi itu.

 

Dia juga menghimbau agar Pemerintah Kabupaten Bekasi dapat bertindak tegas menghadapi perusahaan nakal. “Selama ini minim sekali ketegasan itu. Bila perlu cabut saja ijin usaha bagi pengusaha-pengusaha yang tak taat aturan ketenagakerjaan”.

 

Diketahui, PT Chao Long Motor Part Indonesia dilaporkan sudah tidak memberikan bonus akhir tahun sebagaimana perjanjian kerjasama. Perusahaan sparepart motor yang memperkerjakan sekira 140 buruh ini dikatakan tidak memberikan hak bonus sebagaimana dalam Perjanjian Kerja Bersama (PKB) selama tahun 2014-2015. Beberapa pekerja lantas menuntut hak tersebut dengan cara mogok. DPRD Kabupaten Bekasi mendesak perusahaan agar melaksanakan kewajiban dan segera memanggil pihak terkait. (gob)

 

Sumber:

http://gobekasi.pojoksatu.id/2016/12/27/2-tahun-pt-chao-long-motor-part-langgar-perjanjian-sinyo-harus-fair-dong/

Pos ini dipublikasikan di Ketenagakerjaan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s