Tak Ada Lahan Abadi, Stok Pangan Kabupaten Bekasi tetap Surplus

Tak Ada Lahan Abadi, Stok Pangan Kabupaten Bekasi tetap Surplus

Kamis, 12/05/2016 13:05 WIB

 

CIKARANG_DAKTACOM: Meski belum memiliki lahan abadi pertanian, swasembada pangan di wilayah Kabupaten Bekasi surplus setiap tahun.

 

Wacana adanya lahan abadi di Kabupaten Bekasi disuarakan oleh HKTI, dimana mereka meminta supaya ada regulasi untuk lahan yang hanya digunakan untuk pertanian seluas 54.000 hektare.

 

Namun hingga kini meski sudah diwacanakan masuk kedalam prolegda tahun 2011 dan 2012, tetapi hingga kini belum teralisasi.

 

Bahkan lahan pertanian saat ini terus menyusut, dari 35.000 hektare menjadi 25.000 hektare, hal ini tentunya mengkhawatirkan bagi ketersediaan pangan.

 

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Bekasi, Farid Setiawan pada Rabu (11/5) mengatakan lahan abadi sudah dipetakan di 13 kecamatan namaun secara teknis hal itu ada di Bappeda.

 

Untuk itu, ia meminta agar lahan yang ada dan masih produktif tetap dijadikan sebagai lahan berkelanjutan untuk kebutuhan pemasokan pangan.

 

“Meski begitu, di tahun 2015 pencapaian swasembada pangan bisa terpenuhi, dari target 6,2 ton perhektar, realisasi 6,3 ton,” ujar Farid.

 

Sementara itu, Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Bekasi, Abdul Kholik mengakui, wilayahnya belum memiliki lahan abadi, apalagi dalam menentukan lahan itu tidak mudah.

 

Lahan abadi menurutnya sangat sulit karena berbenturan dengan tingginya investasi, karena banyak masyarakat yang lebih memilih menjual lahannya dari pada bertani.

 

Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Azeza Ibrahim

 

Sumber:

http://dakta.com/news/4950/tak-ada-lahan-abadi-stok-pangan-kabupaten-bekasi-tetap-surplus

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s